Text
Strategi Pemasaran Produk tabungan (sabar) Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Pada KSPPS BMT NU Cabang Camplong
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Produk, Tabungan.
Strategi pemasaran sangat diperlukan dalam menghadapi persaingan pasar
pada sebuah lembaga keuangan, strategi pemasaran juga merupakan faktor
penting bagi keberhasilan bisnis dimasa sekarang, strategi pemasaran berusaha
menanamkan perusahaan produknya di benak pelanggan. Ada tiga
permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu:
bagaimana strategi pemasaran produk tabungan (sabar) yang di KSPPS BMT
NU Cabang Camplong dalam meningkatkan jumlah anggota, dan apa saja
faktor pendukung dan penghambat strategi pemasran pada produk tabungan
(sabar) pada KSPPS BMT NU Cabang Camplong.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data yang di peroleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informasinya terdiri dari karyawan dan anggota KSPPS BMT NU Cabang
Camplong sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
perpanjangan keikutsertakan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: Strategi pemasran produk tabungan
(sabar) yang diterapkan di KSPPS BMT NU Cabang Camplong dalam
meningkatkan jumlah anggota yaitu dengan memberikan kepercayaan terlebih
dahulu kepada anggota, melakukan silaturahmi langsung terhadap masyarakat
dan melakukan promosi. Adapun faktor pendukung pada strategi pemasaran
produk tabungan sabar salah satunya adalah brosur, tidak hanya itu BMT NU
Cabang Camplong juga menggunakan sosial media sebagai faktor
pendukungnya. Sedangkan faktor penghambat pada strategi pemasaran produk
tabungan (sabar) terletak pada anggota, ketika anggota sudah tidak sesuai
dengan ketentuan BMT NU Cabang Camplong, seperti hal nya menarik
tabungan sabar sebelum waktunya
Tidak tersedia versi lain