Text
Strategi Manajemen Humas dalam Menciptakan Image School Branding di UPTD SMPN 8 Sampang
Kata Kunci: Strategi Manajemen Humas, Image School Branding
Meskipun banyak sekolah yang belum menyadari pentingnya school branding,
namun sudah ada sekolah yang berani untuk membranding sekolah menjadi salah satu
sekolah yang terkemuka di wilayahnya. Yang merupakan sekolah dasar formal,
terdepan dalam mengembangkan pendidikan berbasis karakter religius yang bertujuan
untuk membentuk kepribadian siswa berdasarkan nilai Islam melalui proses
pembelajaran dan kegiatan-kegiatan pengembangan dan yang simultan. Penelitian ini
menfokuskan pada Bagaimana strategi manajemen humas dalam menciptakan image
shcool branding di UPTD SMPN 8 Sampang?, Bagaimana implementasi strategi
manajemen humas dalam menciptakan image school branding di UPTD SMPN 8
Sampang?, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan
strategi manajemen humas dalam menciptakan image shcool branding Di UPTD SMPN
8 Sampang? .
Melalui pendekatan kualitatif, dengan megunakan wawancara, observasi dan
dokumentasi pada data-data yang di analisis, melalui sumber data kepala sekolah, waka
humas, dan guru.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pertama, strategi Manajemen Humas
Dalam Menciptakan Image School Branding Di UPTD SMPN 8 Sampang dengan
strategi internal melalui riset atau penelitian dengan mengenali keunikan sekolah,
menentukan kompetitor, serta memposisikan guru dan karyawan pada posisi yang
sangat strategis dan keunggulan dalam kinerja. Dan strategi eksternal dengan
membangun saluran komunikasi pada jaringan kerja dengan orang tua murid dan
masyarakat. Kedua, implementasi strategi manajemen humas dalam menciptakan
image school branding di UPTD SMPN 8 Sampang diimplementasikan melalui strategi
internal yaitu dengan memberikan motivasi yang dapat memperbaiki dan meningkatkan
kognisi dan sikap yang dapat meningkatan kerja kepala sekolah, pendidik, dan tenaga
kependidikan. sedanngkan dalam implementasi eksternal yaitu dengan membangun
jaringan kerja dengan masyarakat agar tercapainya sebuah tujuan sekolah melalui
persepsi terhadap pandangan dalam suatu proses menciptakan image school branding.
Dan Ketiga, faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan strategi
manajemen humas dalam menciptakan image school branding di UPTD SMPN 8
Sampang, antara lain didukung media sosial sebagai media promosi ataupun publikasi
sedangkan faktor penghambat adanya. informasi yang salah kepada masyarakat dan
kurangnya kesadaran masyarakat dalam berpartisipasi kepada sekolah dalam
membangun image school branding
Tidak tersedia versi lain