Text
Strategi Tim Pengembangan Mutu Madrasah (TPM) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTsN 3 Pamekasan
Kata kunci: Strategi tim pengembangan mutu madrasah, mutu pendidikan madrasah
Tim Pengembangan Mutu Madrasah merupakan tim ahli yang ada di MTsN 3 Pamekasan
berusaha mengembangkan mutu pendidikan sesuai keinginan warga madrasah. Usaha
pengembangan mutu madrasah tersebut dilakukan mengingat mutu pendidikan yang dicapai
selama ini masih belum sesuai dengan yang diharapkan, baik dari segi proses maupun dari segai
hasil. Pada segi proses, penyelenggaraan pendidikan masih belum efektif, karena perhatian,
minat, motivasi belajar, dan partisipasi aktif sebagian besar siswa dalam kegiatan pembelajaran
masih tergolong rendah. Pada aspek hasil, materi pelajaran yang disampaikan oleh guru masih
belum diserap oleh sebagian besar siswa. Pemahaman sebagian besar siswa terhadap materi
pelajaran masih tergolong rendah. Kondisi ini berdampak pada rendahnya hasil belajar dan tidak
tertanamnya perilaku yang baik pada siswa. Permasalahan dalam penelitian ini mencakup (1)
strategi Tim Pengembangan Mutu Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah di
MTsN 3 Pamekasan, (2) faktor pendukung dan penghambat Tim Pengembangan Mutu Madrasah
dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah di MTsN 3 Pamekasan, dan (3)cara mengatasi
hambatan Tim Pengembangan Mutu Madrasah dalam meningkatkan mutu madrasah di MTsN 3
Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah
kepala madrasah, guru, staf tata usaha, dan komite madrasah. Prosedur pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis data kualitatif interaktif. Teknik pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi tim pengembangan mutu madrasah
dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah di MTsN 3 Pamekasan, dilakukan dengan cara
menyusun perencanaan, melaksanakan peningkatan mutu pendidikan, melakukan pengawasan
dan evaluasi mutu pendidikan, (2) faktor pendukung pengembangan mutu madrasah dalam
meningkatkan mutu pendidikan madrasah di MTsN 3 Pamekasan, adalah kekompakan semangat
juang tinggi dari semua elemen yang ada di mandrasah, serta sarana dan prasarana yang dimiliki,
sedangkan faktor penghambatnya adalah terbatasnya dana, banyak guru yang masih merangkap
mengajar pada madrasah lain, dan sebangian guru lambat dalam melaksanakan tugas, kurang
responnya terhadap program yang telah dibuat dan kurang maksimalnyan peran dan fungsi
komite madrasah, (3) cara mengatasi hambatan tim pengembangan mutu madrasah dalam
meningkatkan mutu madrasah di MTsN 3 Pamekasan adalah (a) meningkatkan intensif guru, (b)
meminta guru menfokuskan diri (c) memberikan pelatihan-pelatihan lokakarya (d)
mensosialisasikan program yang telah dibuat secara lebih intens, (e) memberikan tugas dan
fungsi komite madrasah secara jelas
Tidak tersedia versi lain