Text
Implementasi Metode Bernyanyi dalam Membentuk Sikap Percaya Diri pada Anak Usia 3-4 Tahun di PAUD Lailatul Qomariyah Desa Pangorayan Proppo Pamekasan
Kata Kunci: Metode Bernyanyi, Percaya Diri, Anak Usia Dini
Metode bernyanyi merupakan metode pembelajaran yang menggunakan
syair-syair lagu atau nyanyian didalamnya serta metode bernyanyi ini disebut juga
metode yang sangat meyenangkan untuk diterapkan kepada anak usia dini karena
metode ini bisa mempermudah penyampaian materi kepada anak sehingga anak
bisa menerima pembelajaran dengan cepat. Percaya diri merupakan salah satu
bentuk keberanian yang memang harus dimiliki oleh setiap orang apalagi anak-anak
karena pada nantinya akan memiliki pengaruh yang baik pada saat anak tumbuh
dewasa.
Adapun fokus penelitian yang ada dalam penenlitian ini yaitu: 1.
Implementasi metode bernyanyi dalam membentuk sikap percaya diri pada anak
usia 3-4 tahun di PAUD Lailatul Qomariyah Desa Pangorayan Proppo Pamekasan.
2. Faktor-faktor yang mendukung penerapan metode bernyanyi dalam membentuk
sikap percaya diri pada anak usia 3-4 tahun di PAUD Lailatul Qomariyah Desa
Pangorayan Proppo Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, serta teknik pengumpulan data
menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun subjek
dalam penelilitian ini adalah kepala sekolah dan juga guru kelas.
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: 1. Implementasi metode
bernyanyi dalam membentuk sikap percaya diri pada anak usia 3-4 tahun di PAUD
Lailatul Qomariyah Desa Pangorayan Proppo Pamekasan ini menggukan
implementasi metode bernyanyi dalam meningkatkan, mengembangkan serta
membentuk sikap percaya diri anak. Karena metode bernyanyi ini merupakan
metode yang paling efektif dalam membentuk sikap percaya diri anak seperti anak
yang belum berani maju kedepan bisa berani, memiliki keyakinan pada diri sendiri
dan juga sudah mampu melakukan aktivitas dengan mandiri dan lain sebagainya.
Dan metode ini juga dapat membuat kelas menjadi menyenangkan metode ini juga
dapat membuat anak gembira sehingga pembelajaran yang ingin disampaikan
melalui lagu bisa diterima dengan baik dan cepat dipahami oleh anak. 2. Faktorfaktor yang mendukung menerapan metode bernyanyi dalam membentuk sikap
percaya diri pada anak usia 3-4 tahun di PAUD Lailatul Qomariyah Desa
Pangorayan Proppo Pamekasan ini meliputi: terletak pada pengusaan atau
pemahaman guru terhadap lagu-lagu yang akan diberikan kepada anak. Ketelatenan
seorang guru harus dimiliki oleh setiap guru sehingga jika sedang menghadapi anak
yang kurang percaya diri di sekolah. Antusias anak karena anak yang antusias pada
saat penerapan metode bernyanyi bisa membuat kelas menyenangkan dan tidak
membosankan
Tidak tersedia versi lain