Text
Implementasi Pembelajaran Kitab Bidayatul Hidayah di Madrasah Diniyah Riyadhotus Shibyan Desa Prajjan Kabupaten Sampang
Kata Kunci: Implementasi,Pembelajaran, Kitab Bidayatul Hidayah
Adapun fenomena yang terjadi di Madrasah Diniyah Riyadhotus Shibyan mayoritas santri
sebelum memasuki madrasah adalah santri-santri yang minim pengetahuan bahkan awam dalam
mempelajari kitab dan masih kurang baik dalam berakhlak. Maka dari itu, untuk mengubah
kebiasaan kurang baik para santrinya Madrasah Diniyah Riyadhotus Shibyan memberikan
pengetahuan mengenai pendidikan ahklakul karimah yang baik dalam kebiasaan sehari-hari
melalui kegiatan pembelajaran kitab bidayatul hidayah.
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: Pertama,
bagaimana Implementasi Pembelajaran Kitab Bidayatul Hidayah di Madrasah Diniyah
Riyadhotus Shibyan Desa Prajjan Kabupaten Sampang. Kedua, Faktor Pendukung dan
Penghambat Implementasi Pembelajaran Kitab Bidayatul Hidayah di Madrasah Diniyah
Riyadhotus Shibyan Desa Prajjan Kabupaten Sampang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif.
Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data
dengan melakukan reduksi data, menyajikan data dan verifikasi data. Data yang diperoleh di cek
keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutsertaan dan trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, implementasi pembelajaran kitab bidayatul
hidayah di Madrasah Diniyah Riyadhotus Shibyan Desa Prajjan Kabupaten Sampang terdapat
tiga cakupan, di antaranya: a). Pembuka pelajaran, diawali dengan membaca doa sebelum
belajar, kemudian mengucapkan salam dan menanyakan kehadiran para santri. b). Menjelaskan
materi, seorang ustad memaknai kitab dengan menggunakan bahasa Madura dengan metode
bandongan dan menjelaskan tentang adab-adab keta’atan berupa doa bangun tidur, doa masuk
kamar mandi, dan doa masuk masjid, dan doa-doa tersebut diajurkan untuk dihafalkan agar
memudahkan para santri untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. c). Menutup
pelajaran, ustad memberikan sesi tanya jawab kepada seluruh santri yang hendak bertanya
kepada ustad tentang materi yang sudah dijelaskan, kemudian mempersilahkan membaca doa
serta diakhiri dengan salam. Kedua, Faktor pendukung implementasi pembelajaran kitab
bidayatul hidayah di Madrasah Diniyah Riyadhotus Shibyan Desa Prajjan Kabupaten Sampang,
yaitu: a) Keadaan pendidik, b) Antusiame santri, c) Adanya kerjasama antara ustad serta antara
pihak madrasah dan orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: a) Terbatasnya
pengawasan pihak madrasah, b) Kurangnya kesadaran santri
Tidak tersedia versi lain