Text
Peran Guru IPS Dalam Membangun Sikap Demokratis Peserta Didik Kelas VII Di MTs Darul Ulum II Palalang Waru Barat Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Peran, Guru IPS, Sikap Demokratis
Di MTs Darul Ulum II Palalang Waru Barat Kabupaten Pamekasan, masih
terlihat banyaknya peserta didik yang belum menyadari akan arti sikap
demokratis. Hampir 35% dari total peserta didik di kelas VII baik kelas A, B, dan
C masih kurang sadar terhadap pentingnya sikap demokratis.Seperti contohnya
peserta didik masih belum berani untuk menyampaikan pendapatnya, masih
kurang menghargai temannya yang berpendapat, mengobrol di luar materi
pelajaran, mentertawakan teman yang persentasi jika yang bicaranya tidak lancar,
apalagi ketika ada perbedaan pendapat mereka masih mengutamakan
keegoisannya masing-masing. Dalam penelitian ini difokuskan pada tiga tujuan
penelitian yang menjadi kajian pokok yaitu: Pertama, mendiskripsikan peran
guru ips dalam membangun sikap demokratis peserta didik kelas VII di MTs
Darul Ulum II Palalang Waru Barat Kabupaten Pamekasan. Kedua,
mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat guru IPS dalam membangun
sikap demokratis peserta didik di MTs Darul Ulum II Palalang Waru Barat
Kabupaten Pamekasan. Ketiga, meneskripsikan kondisi peserta didik setela ada
upaya membangun sikap demokrati peserta didik di MTs Darul Ulum II Palalang
Waru Barat Kabupaten Pamekasan.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, lokasi
penelitian di Mts Darul ulum II Palalang Waru Barat Kabupaten Pamekasan.
Tehnik engumpulan data yang digunakan yaitu metode gabungan antara
observasi partisipan dan observasi non partisipan, wawancara terstruktur dan
dokumentasi, dengan menggunakan analisis mereduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data
dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, peran guru IPS dalam
membangun sikap demokratis peserta didik dengan memberikan materi tentang
sikap demokratis, memberikan teladan sikap demokratis dan selalu mengingatkan
pentingnya sikap demokratis. Kedua, faktor pendukung dan faktor
penghambat.Adapun faktor pendukung yaitu keselarasan antara sikap demokratis
dengan ajaran agama islam sehingga memudahkan untuk mengajarkannya,
adanya kegiatan-kegiatan pengembangan yang bisa mendukung suksesnya
pembangunan sikap demokratis dan adadukungan orang tua peserta didik. Faktor
penghambat yaitu karena peserta didik yang masih belum mengerti mengenai apa
itu sikap demokratis, peserta didik yang masih bersifat kekanak-kanakan dan
pengaruh buruk sosial media. Ketiga kondisi peserta didik setelah pengenalan
sikap demokratis cukup berdampak positif, Sehingga dapat disimpulkan lambat
laun sikap demokratis peserta didik sudah semakin baik
Tidak tersedia versi lain