Text
Pengaruh Kreativitas dan Promosi terhadap Pengembangan Usaha pada Café Manifesco dan Cozy Café Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Kreativitas, Promosi, Pengembangan Usaha
Kreativitas dan promosi dibutuhkan oleh para pelaku usaha untuk
mempertahankan dan mengembangkan usaha yang sudah mereka jalankan. Saat ini
terdapat berbagai macam usaha yang dilakukan oleh masyarakat. Salah satu
diantaranya adalah bisnis usaha café. Usaha caffe ini merupakan dampak dari trend
yang terjadi saat ini dan sangat digemari dari berbagai kalangan, baik pemuda atau
orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kreativitas
dan promosi terhadap pengembangan usaha pada Café Manifesco dan Cozy Café
Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan
asosiatif. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik sampel
jenuh dengan berjumlah 30 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini berupa angket. Analisis data yang digunakan dalam metode kuantitatif dalam
penelitian ini yaitu analisis regresi berganda.
Hasil dari pengelolaan data pada penelitian ini diperoleh nilai yang signifikan
secara simultan uji (F) yaitu sebesar Fhitung 15,521 > Ftabel 3,35 dengan tingkat
signifikan 0,000 < 0,05, menunjukan bahwa kreativitas dan promosi memiliki
pengaruh secara simultan terhadap pengembangan usaha pada Café Manifesco dan
Cozy Café Kabupaten Pamekasan. Dari hasil uji parsial (uji t) diperoleh nilai dari
variabel kreativitas (X1) sebesar thitung 3,430 > ttabel 2,0518 dan tingkat signifikan
0,002 < 0,05, yang artinya kreativitas berpengaruh secara signifikan terhadap
pengembangan usaha pada Café Manifesco dan Cozy Café Kabupaten Pamekasan.
Variabel promosi (X2) sebesar thitung 4,375 > ttabel 2,0518 dan tingkat signifikan
0,000 < 0,05, yang artinya promosi berpengaruh secara signifikan terhadap
pengembangan usaha pada Café Manifesco dan Cozy Café Kabupaten Pamekasan.
Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis dapat diketahui bahwa variabel
yang paling berpengaruh terhadap pengembangan usaha adalah variabel promosi
dengan nilai thitung 4,375 dan tingkat signifikan sebesar 0,000
Tidak tersedia versi lain