Text
Persepsi Mahasiswa Terhadap Pencantuman Label Halal Pada Produk Kosmetik Ditinjau Dari Perilaku Konsumen (Studi Kasus Mahasiswi Ekonomi Dan Bisnis Islam Angkatan 2018 Di Iain Madura)”
Kata Kunci: Persepsi, Produk Kosmetik, Label Halal, Perilaku Konsumen
Persepsi ditafsirkan sebagai proses dimana orang menyeleksi, menerjemahkan
stimulasi jadi suatu makna yang koheren dengan seluruh peristiwa dunia.Perihal ini karena
persepsi akan mengakibatkan pengaruh kepada konsumen dalam berperilaku nyata. Banyak
cara yang dicoba dalam upaya pemilihan produk yang cocok dengan kebutuhan, salah
satunya konsumen mencari data yang ada pada atribut produk. Melalui atribut produk
konsumen bisa mendapatkan jawaban apakah produk yang hendak dipakai cocok dengan
kebutuhan serta kemauan sehingga mendapatkan kepuasan secara lahir batin. Atribut yang
diartikan selaku media informasi konsumen guna mendapatkan keyakinan terhadap lahir
batin merupakan label halal.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini, yaitu: pertama Bagaimana persepsi mahasiswi FEBI IAIN Madura
angkatan 2018 tentang pencantuman label halal pada produk kosmetik ditinjau dari perilaku
konsumen dan kedua Bagaimana faktor yang berhubungan dengan persepsi mahasiswi FEBI
IAIN Madura angkatan 2018 dalam memilih produk kosmetik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber
data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini
adalah mahasiswi FEBI IAIN Madura dari produk kosmetik yang berlabel halal. sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, triangulasi.
Hasil peneitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, tanggapan mahasisiwi FEBI IAIN
Madura banyak berbagai kosmetik yang dijual tanpa adanya label halal namun masih laku
dan tetap banyak yang membelinya. Hal tersebut terbukti bahwa ada beberapa kosmetik yang
tidak berlabel halal memiliki kualitas yang baik, hanya saja produk kosmetik tersebut tidak
berlabel halal karena belum di daftarkan pada lembaga LPPOM-MUI. Kedua, perilaku
konsumen mahasisiwi FEBI IAIN Madura angkatan 2018 mengenai Produk kosmetik yang
berlabel halal faktor Sosial dari pemakaian produk ini dipengaruhi oleh kemauan diri sendiri,
dari kebutuhan kulit sendiri, tidak meniru teman ataupun keluarga. sedangkan juga dalam
faktor pribadi produk yang dipakai mahasiswi FEBI sangatlah sesuai dengan umur
mahasiswi, dimana nantinya jika pemakaian sudah sesuai dengan umur maka konsumen
dalam membeli produk yang berlabel halal juga akan meningkat
Tidak tersedia versi lain