Text
“Strategi Promosi dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Produk Pembiayaan LASISMA di KSPPS BMT NU Cabang Manding Kabupaten Sumenep”
Kata Kunci: Strategi, Promosi, pembiayaan, LASISMA
Strategi promosi merupakan kegiatan yang direncana dengan mksud membujuk,
merangsang konsumen agar mau membeli produk, sehingga tujuan untuk meningkatkan
penjualan diharapkan dapat tercapai. Promosi adalah sejenis komunikasi yang memberi
penjelasan yang meyakinkan calon anggota tentang barang dan jasa, promosi juga diartikan
usaha yang dilakukan oleh marketer, berkomunikasi dengan calon anggota. Promosi adalah
suatu komunikasi dari penjual dan pembeli. pembiayaan adalah pendanaan yang di keluarkan
untuk mendukung investasi yang telah di rencanakan Produk pembiayaan layanan berbasis
jamaah atau berkelompok dalam produk pembiayaan LASISMA tidak menggunakan
jaminan.pembiayaan LASISMA sama dengan pembiyaan lainnya hanya saja di LASISMA
berbentuk kelompok minimal 5 anggota dan maxsimal 30 anggota. Ada Dua hal yang dikaji
dalam skripsi ini, yaitu: pertama Bagaimana implementasi strategi promosi di BMT NU
Cabang Manding Sumenep dalam meningkatkan jumlah anggota pembiayaan LASISMA.
Kedua, Apa Peluang dan Hambatan dari strategi promosi yang dilakukan di BMT NU
Cabang Manding Sumenep dalam meningkatkan jumlah anggota Pembiayaan LASISMA.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah kualitatif deskriptif yaitu data yang
dikumpulkan berupa kata-kata bukan angka-angka. Hasil penelitian berisi kutiapan-kutipan
dari data yang telah dikumpulkan.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi promosi di BMT NU
Cabang Manding Sumenep dalam meningkatkan jumlah anggota pembiayaan LASISMA ini;
pertama, wajib menjadi anggota terlebih dahulu di BMT NU Cabang Manding Sumenep;
kedua, dalam pembiayaan LASISMA tidak ada pengkhususan akan tetapi sudah di
implementasikan dengan baik walaupun ada kendala tetapi tidak mengurangi semangat di
LASISMA hanya berbentuk kelompok; ketiga, survei lokasi oleh pihak BMT NU Cabang
Manding Sumenep; ke empat, surat putusan pemberitahuan pembiayaan dari kepala cabang;
kelima, pencairan dana.untuk peluang dan hambatan strategi promosi di BMT NU Cabang
Manding Sumenep peluangnya sangat besar dari pada pembiayaan lainnnya karena hampir
80% pihak peminjam langsung dating ke kantor BMT NU Cabang Manding Sumenep dan
hambatannya disaat penagihan angsuran mingguan/ bulanan
Tidak tersedia versi lain