Text
Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Nasbah Rahn di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Pegadaian Syariah Pamekasan
Kata Kunci: Kepercayaan, Kualitas Produk Aplikasi Pegadaian Syariah Digital
Service, Kepuasan Nasabah Rahn.
Salah satu lembaga keuangan selain bank yang dapat memberikan
pinjaman kepada masyarakat adalah Perusahaan Umum (Perum) Pegadaian.
Perusahaan harus mampu meningkatkan dan memberikan layanan terbaik kepada
nasabah agar pelayanan yang diberikan sesuai dengan yang diharapkanSeiring
berkembangnya zaman saat ini kita berada di tengah-tengah industri 4.0
pemicunya adalah penyebaran global internet dan tekhnologi baru seperti sensor
nirkabel serta kecerdasan buatan (AI). Seperti pendahulunya, industri 4.0 akan
secara radikal mengubah cara manusia hidup dan bekerja. Di era ini, web sedang
berkembang untuk menyatukan orang, bisnis, mesin, dan logistik ke dalam
Internet of Things (IoT). Pada tingkat fundamental, industri 4.0 dapat menyatukan
dunia digital dan fisik serta menawarkan peluang baru untuk mengumpulkan dan
menggunakan informasi. Untuk meningkatkan serta mengikuti perkembangan
zaman pegadaian meluncurkkan Apliksi pembantu Pelayanan guna untuk
menambah kemudahan serta memberikan kepuasan bagi nasabah khususnya
dalam penelitian ini pada Rahn. Dimana seperti yang diketahui aplikasi ini
merupakan sebuah produk terbaru dari Pegadaian Syariah perlu sebuah
Kepercayaan serta Kualitas produk yang baik agar tercipta sebuah Kepuasan
nasabah.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan memiliki
tiga variabel yaitu variabel independen yaitu Kepercayaani dan Kualitas Produk.
dan variabel dependen yaitu Kepuasan Nasabah. Untuk mengetahui hubungan
antara variabel menggunakan analisis regresi linear berganda. Adapun cara
pengambilan sampel dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik sampel
Lemenshow sehingga ditemukan jumlah sampel sebanyak 96 responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Kepercayaan
berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Nasabah, nilai t hitung 2,004 > t
tabel 1,9855 dengan angka signifikansi 0,048 < α = 0,05. Kedua, Kualitas Produk
berpengaruh secara signfikan terhadap Kepuasan Nasabah, nilai t hitung 2,908 > t
tabel 1,9855 dengan angka signifikansi 0,005 < α = 0,05.. dan ketigat, pengaruh
Kepercayaan dan Kualitas Produk secara simultan berpengaruh terhadap
Kepuasan Nasabah dengan nilai Fhitung sebesar 9,062 > Ftabel sebesar 3,94. dan
signifikansi 0,000 < α = 0,05
Tidak tersedia versi lain