Text
Strategi Pemasaran Pembiayaan Modal Usaha Bagi UMKM Di KSPPS Nuri Jatim Cabang Palduding Pamekasan
Kata Kunci : Strategi Pemasaran Pembiayaan Modal Usaha Bagi UMKM
KSPPS Nuri Jatim Cabang Palduding adalah koperasi yang bergerak
dalam bidang memberikan pembiayaan kepada masyarakat salah satunya adalah
produk pembiayaan modal usaha bagi UMKM di KSPPS Nuri Jatim Cabang
Palduding . pembiayaan ini merupakan merupakan pembiayaan yang setiap
tahunnya megalami peningkatan dari tahun2018 sampai tahun 2020. Dengan
peningkatan tersebut maka tentunya KSPPS Nuri mempunyai strategi pemasaran
yang bisa menarik anggota-anggota baru. Maka dengan itu dalam memasarkana
produknya tersebut diperlukan suatu strategi pemasaran untuk menarik anggota
salah satunya yaitu dengan stratetgi pemasaran marketing mix (produck, price,
place, promotion) pada produk pembiayaan modal usaha bagi umkm. Maka
berdasarkan konteks diatas yang menajdi fokus dalam penelitian ini adalah : 1),
bagaimana Strategi Pemasaran Marketing Mix Dalam Pembiayaan Modal Usaha
Bagi UMKM Yang Diterapkan Oleh KSPPS Nuri Jatim cabang Palduding, 2),
Bagaimana Dampak Strategi Pemasaran Pembiayaan Modal Usaha Bagi UMKM
Terhadap Peningkatan Anggota Di KSPPS Nuri Jatim cabang Palduding
Pada penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis
penelitian kualitatif desktiftif yang dalam hal ini menggunakan tiga tehnik
pengumpulan data, yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi
Hasil penelituan menunjukkan bahwa strategi pemasran pemmbiayaan
modal usaha bagi UMKM di KSPPS Nuri Jatim cabang Palduding pada produk
pembiayaan modal usaha yaitu menggunakan strategi marketing mix meliputi
produck, produk yang manpu memberikan modal bagipelaku ukm yang tdiak ribe
dan mudah administrasi, price, dengan harga yang menggunakan tehnik bagi hasil
akan membuat masyrakat bisa menerima karena penerapannya sesuai dengan
prinsip islam, place, tempat yang strategis akan membuat pangsa pasar lebih luas
karena dengan mudah nya tempat untuk di akses, promotion, tehnik promosi yang
dilakukan adlah dengan cara mendatangi langsung pihak anggota.Dampak dari
strategi pemasaran pembiayaan modal usaha bagi umkm adalah dinilai berhasil.
Hal ini terbukti dengan selalu meningkatnya jumlah anggota dari tahun ketahun
yakni dari tahun 2018 sampai 2020 secar signifikan dan juga dengan adanya
respon yang baik dari para anggota pembiayaan modal usha
Tidak tersedia versi lain