Text
Peran Guru Bimbingan Dan Konseling dalam Mengembangkan Bakat Siswa di Bidang Non Akademik di MTsN 3 Pamekasan
Kata Kunci: Bakat, Guru, Siswa
Pendidikan yang bermutu adalah yang mengintegrasikan tiga bidang
kegiatan utamanya secara sinergiyaitu bidang administratifdan
kepemimpinan,bidang instruksional dan kurikuler, dan bidang pembinaan siswa
(bimbingan dan konseling). Pendidikan yang hanya melaksanakan administratif
dan pengajaran dengan mengabaikan bidang bimbingan mungkin hanya akan
menyelesaikan individu yang pintar dan terampil dalam aspek akademik.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga fokus penelitian yang menjadi
pembahasan ini, yaitu: pertama, Bagaimana peran guru bimbingan dan konseling
dalam pengembangan bakat siswa dibidang non akademik di MTsN 3 Pamekasan.
Kedua, Apa faktor pendukung dan penghambat guru bimbingan dan konseling
dalam pengembangan bakat siswa di bidang non akademik di MTsN 3 Pamekasan.
Ketiga, Bagaimana solusi yang diberikan guru bimbingan dan konseling dalam
pengembangan bakat siswa di bidang non akademik di MTSN 3 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah guru
bahasa dan siswa. Adapun pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
ketekunan pengamatan dan trianggulasi.
Hasil temuan penelitian terkait judul yaitu: Peran guru bimbingan dan
konseling dalam pengembangan bakat siswa dibidang non akademik di MTSn
Sumber Bungur Pakong. terdapat 5 data, antara lain: (1) peran guru BK dalam
mengembangkan bakat siswa membantu mengarahkan dan mencari tau apa
kelebihan siswa, (2) guru menyediakan vasilitas yang siswa butuhkan, (3)
membantu siswa untuk mengembangkan bakatnya, (4) guru harus memberi
dukungan kepada peserta didik, (5) mengenali bakat yang ada pada diri siswa.
Faktor pendukung dan penghambat guru bimbingan dan konseling dalam
pengembangan bakat siswa di bidang non akademik di MTSn Sumber Bungur
Pakong . Terdapat 9 data yaitu 4 data dari faktor pendukung dan 5 data dari factor
penghambat. . solusi yang diberikan guru bimbingan dan konseling dalam
pengembangan bakat siswa, terdapat5data yaitu antara lain: (1) membantu peserta
didik untuk terus melatih dan terus fokus pada bakatnya, bakatnya, memecahkan
terus berlatih (2) (3) permasalahan, sampai memberikan menstimulus siswa bisa
fasilitas (4) peserta memberi benar-benar yang didik masukan dibuthkan bisa, untuk
(5) dan membuat siswa memotivasi dukungan untuk peserta siswa pada
mengembangkankami agar didik selaluuntukbisa berusaha-dan terus berlatih
Tidak tersedia versi lain