Text
Nilai-nilai Pendidikan Islam Multikultural dalam Buku Teks Al-Quran Hadist tingkat Madrasah Ibtidaiyah, Tesis, Program Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana IAIN Madura
Kata kunci: Nilai, Pendidikan Islam Multikultural.
Nilai Pendidikan Islam Multikultural tertanam dalam beberapa buku, baik
itu buku materi perguruan tinggi atau lembaga pendidikan lainnya termasuk
lembaga pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Ini menjadi acuan terhadap para
pendidik dalam mendidik peserta didiknya. Dalam hal ini Buku teks Al-Quran
Hadist diajarkan pada jenjang MI (Madrasah Ibtidaiyah) pada tiga kelas yaitu
kelas 4 kelas 5 dan kelas 6. Yang menjadi salah satu ketertarikan peneliti dalam
menelaah buku materi Al-quran Hadist salah satunya ada dalam buku teks Alquran Hadis kelas lima di halaman 7 dimana didalamnya ada pelajaran penting
perihal pendidikan multikutural. Sehingga untuk lebih mengetahui apa saja nilai
pendidikan Islam Multikultural yang terkandung dalam buku materi Al-Quran
Hadist MI di Kelas empat, lima, dan enam, yang semuanya belum terungkap
secara terperinci. Sangat perlu kiranya diakan pengkajian dan penelitian.
Penelitian tesis ini memiliki dua fokus penelitian dalam hal ini meliputi :
pertama bagaimana muatan materi qurdis tentang nilai-nilai pendidikan islam
multikultural, serta kedua bagaimana relevansinya dengan pendidikan karakter di
sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan ini dipilih
karena peneliti hendak mendeskripsikan topik yang berkaitan dengan nilai-nilai
pendidikan multikultural dan pendidikan karakter dalam buku teks Al-quran
Hadist Ibtidaiyah, Jenis penelitian yang dilakukan penulis pada penelitian ini
adalah penelitian studi pustaka (library research).
Hasil dari penelitian ini ialah ditemukannya beberapa nilai-nilai
pendidikan islam multikultural dalam pelajaran Al-Quran Hadist Didalam buku
teks (Qurdis) kelas empat MI terdiri dari 10 (sepuluh) Pelajaran. Dari sepuluh
pelajaran tersebut, yang mengupas tentang Pendidikan Islam Multikultural adalah
pelajaran 1 (Mari Belajar Surah An-Nasr) ditemukan dalam bentuk tersurat,
tentang at-Ta’awun (tolong-menolong) dan Pelajaran 5 Mari meningkatkan
Takwa dan pelajaran 9 (Gemar Bersilaturrahim) ar-Rahmah (kasih sayang) secara
tersirat, Pada buku teks Qurdis kelas 5 terdiri dari 9 (sembilan) Pelajaran. Dari
sembilan pelajaran tersebut, yang mengupas tentang Pendidikan Islam
Multikultural adalah pelajaran 1 (Mari Belajar Surah Al-Kafirun), at-Tasamuh
(toleransi) dan pelajaran 3 ialah (Mari Belajar Surah At-Takatsur), at-Ta’awun
(tolong-menolong) dua-duanya ditemukan dengan rinci secara tertulis, dan di
pelajaran 4 (Menyayangi Anak Yatim), nilai islam multikultural yaitu Saling
menyayangi (Al-Rahmah), serta di pelajaran 8 (Jauhi Sifat-sifat Orang Munafiq.)
Menjahui sifat-sifat orang munafiq, harus punya sifat jujur (Al-Amanah.
Ditemukan secara tersirat dan tersurat. Dan buku teks (Qurdis) kelas enam MI
terdiri atas 5 (lima) Pelajaran. Dari lima pelajaran tersebut, yang mengupas
xii
tentang Pendidikan Islam Multikultural adalah pelajaran 1 ialah judulnya (mari
belajar surah ad-Duha), dan pelajaran 2 ialah (mari gemar memberi), tentang
pendidikan Islam Multikultural ditemukan secara tersirat dalam dua pelajaran
tersebut, yaitu tentang at-Ta’awun (tolong-menolong) dan di pelajaran 5 (Gemar
Beramal Shalih) tentang at-Ta’awun secara tersirat.
Relevansi nilai pendidikan islam multikultural dalam Materi Qurdis
tingkat Madrasah Ibtidaiyah Pendidikan Karakter disekolah sangat relevan hal ini
dibuktikan dengan temukannya uraian materi Qurdis yang berhubungan dengan
nilai pendidikan karakter, buktinya: Nilai Religius ada dalam buku teks qurdis
kelas 4, tertera tabel 3.1 pelajaran 5 tentang takwa dan pelaran 9 tentang
silaturrahim. Selanjutnya kelas 5 pada tabel 3.2 yaitu, nilai dari toleransi pada
pelajaran 1 dan pelajaran 4 tentang menyayangi anak yatim, dan di kelas 6 pada
tabel 3.3, pada pelajaran 5 tentang beramal shalih (dermawan). Nilai Nasionalis
tertera di materi qurdis kelas 5 tabel 3.2 juga tentang toleransi. Dan di kelas 6
tabel 3.3 pelajaran 1 tentang kepedulian sosial. Dan selanjutnya nilai karakter
Mandiri tertera materi qurdis kelas 5 pelajaran 3 tentang hidup sederhana tertera
di tabel 3.2, dan juga di kelas 6 pelajaran 2 tentang ketuamaan memberi (mandiri
tidak meminta-minta) tertera pada tabel 3.3. Nilai Gotong Royong di temukan
dalam buku teks Qurdis kelas 4, 5, dan 6. Dan Nilai Integritas ditemukan dalam
muatan materi qurdis kelas 4 pelajaran 5, tentang berakhlaq baik bisa dikiht di
tabel 3.1, dan kelas 5 pelajaran 8 tentang kejujuran seperti yang tertera di tabel3.2
pada bab 3 tesis ini
Tidak tersedia versi lain