Text
Peningkatan Keterampilan Mengajar Melalui Program Amaliyah Tadris Bagi Santri Kelas Akhir di Pondok Pesantren TMI Al-Amien Prenduan Sumenep
Katakunci: keterampilan mengajar, program amaliyah tadris
Amaliyah Tadris merupakan kegiatan intra kurikuler yang dilaksanakan santri kelas akhir
di Pondok Pesantren TMI Al-Amien Prenduan Sumenep, yang mencakup latihan mengajar dan
pengelolaan sekolah secara terbimbing dan terpadu. Bagi santri menerima pengetahuanpengetahuan secara teoritis kemudian diimplementasikan secara langsung dalam praktek
mengajar. Kegiatan latihan mengajar ini dilaksanakan di kelas-kelas yunior seperti kelas 1,2
atau 3 Pondok Pesantren TMI Al-Amien Prenduan. Permaslahan penelitian ini adalah 1)
Bagaimana perencanaan peningkatan keterampilan mengajar dengan model amaliyah tadris
bagi santri kelas akhir di Pondok Pesantren TMI Al-Amien Prenduan Sumenep?, 2) Bagaimana
pelaksanaan peningkatan keterampilan mengajar dengan model amaliyah tadris bagi santri
kelas akhir di Pondok Pesantren TMI Al-Amien Prenduan Sumenep?, 3) Bagaimana evaluasi
peningkatan keterampilan mengajar dengan model amaliyah tadris bagi santri kelas akhir di
Pondok Pesantren TMI Al-Amien Prenduan Sumenep?.
Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Lokasi
penelitian dipiih adalah Pondok Pesantren TMI Al-Amien Prenduan Sumenep. Teknik
cuplikan (sampling) menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode wawancara mendalam (deep interview), observasi berperan dan
dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis data interaktif Miles
& Huberman (Data Condensation, Data Display, Conclusions Drawing).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan peningkatan keterampilan mengajar
dengan model amaliyah tadris bagi santri kelas akhir di Pondok Pesantren TMI Al-Amien
Prenduan Sumenep yang pertama yaitu santri TMI di bimbing terlebih dahulu bagaimana cara
mengajar dan penguasaan materi yang akan di sampaikan. Yang kedua bagaimana membuat
i'dad dan proses penyusunan i'dad. Setelah dinyatakan layak maka santri TMI di perkenankan
untuk mengikuti program amaliyah tadris. Sementara evaluasi peningkatan keterampilan
mengajar dengan model amaliyah tadris bagi santri kelas akhir di Pondok Pesantren TMI AlAmien Prenduan Sumenep ini merupakan suatu rangkaian kegiatan yang dilakukan dengan
sengaja untuk melihat tingkat keberhasilan program. Bentuk evaluasi model amaliyah tadris
yaitu dengan cara membuat forum 1) Forum antar guru pembimbing dan teman sejawat sebagai
upaya memberi arahan untuk perbaikan kesalahan bagi santri TMI yang menjadi guru
praktekan. 2) Evaluasi hasil dilaksanakan oleh forum ustadz musyrif bimbingan dengan ustadz
pengajaran dan pengasuh. Forum tersebut menjadi penentu kelulusan santri kelas akhir Pondok
Pesantren TMI Al-Amien Prenduan Sumenep
Tidak tersedia versi lain