Text
Upaya Guru Al-Qur’an Hadits Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an di MTs Al Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan
Kata Kunci : Motivasi, Kegiatan Ekstrakurikuler Baca Tulis al-Qur’an
Baca tulis al-Qur.an adalah kemampuan ganda membaca dan menulis
dengan lafaz-lafaz ayat al-Qur’an. Penulis dapat mengemukakan bahwa kedua
perkataan tersebut sangat erat hubungannya, karena dasar untuk membaca dengan
baik adalah menulis. Demikian pula sebaliknya bahwa dasar untuk dapat menulis
dengan baik adalah membaca. Hal ini menunjukkan betapa erat hubungannya
antara membaca dan menulis. Kegiatan ekstrakurikuler yaitu suatu kegiatan yang
dilakukan di luar jam pelajaran atau kelas. Adapun pelaksanaan program/kegiatan
ekstrakurikuler di MTs Al-falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan merupakan
kegiatan tambahan di luar struktur program yang dilaksanakan di luar jam
pelajaran biasa, agar memperkaya dan memperluas wawasan pengetahuan dan
kemampuan siswa serta mampu mengisi waktu luang dengan lebih baik untuk
tidak melakukan kegiatan negatif.
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini,
(1) Bagaimana langkah-langkah guru al-Qur’an hadits meningkatkan motivasi
siswa dalam kegiatan baca tulis al-Qur’an Di MTs Al-falah Kadur Pamekasan?
(2) Apa saja faktor-faktor yang mendukung dan menghambat yang dihadapi guru
al-Qur’an hadits meningkatkan motivasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler
baca tulis al-Qur’an Di MTs al-falah kadur pameksan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitattif dengan jenis penelitian
lapangan. sumber data penelitian ini adalah Guru al-Qur’an Hadits dan siswa.
Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.
Pengecekan keabsahan data di lakukan melalui ketekunan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) langkah-langkah guru al-Qur’an
hadits meningkatkan motivasi siswa dalam kegiatan baca tulis al-Qur’an Di MTs
Al-falah Kadur Pamekasan. Menggairahkan anak didik ketika masuk, sedang
berlangsung dan saat mengakhiri kegiatan, memberikan motivasi. (2) faktor-faktor
yang mendukung dan menghambat yang dihadapi guru al-Qur’an hadits
meningkatkan motivasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler baca tulis al-Qur’an
Di MTs al-falah kadur pameksan. Diberikan penghargaan bagi siswa yang sudah
pancas membaca dan menulis dalam waktu singkat semisal dalam waktu satu
minggu dan memberikan gambaran bagi siswa yang sudah fasih membaca dan
menulis al-Qur’an suatu saat ketika akan melanjutkan ke perguruan tinggi siswa
tersebut tidak bingung lagie dalam menghadapi pelajaran seperti ini.Yang
memnjadi hambatan dalam meningkatkan motivasi adalah siswa yang bukan
lulusan dari luar MI/SD Sumber Gayam itu kurang kontrol dari Guru jadi lebih
banyak tidak fasih dalam membaca dan menulis al-Qur’ann
Tidak tersedia versi lain