Text
Implementasi Pendidikan Entrepreneur Dalam Mengembnagkan Life Skill Santri Pondok Pesantren Nurulhuda Sumenep dan Pondok Pesantren As-Sulthaniyah Sampang
Kata Kunci: implementasi, pendidikan entrepreneur, life skill
Pendidikan entrepreneur dan life skill dibutuhkan oleh santri di pesantren,
karena bagaimanapun santri akan terjun di dunia kerja untuk memenuhi
kebutuhan hidup. Dalam program pendidikan dan pembelajaran aspek
kewirausahaan, santri tidak cukup hanya dibekali dengan pembelajaran teori
semata. Tetapi juga diberikan berbagai pelatihan aplikatif. Fokus penelitian ini
adalah bagaimana bentuk pendidikan entrepreneur dalam mengembangkan life
skill santri Pondok Pesantren Nurul Huda Sumenep dan Pondok Pesantren AsSulthaniyah Sampang?, Bagaimana implementasi pendidikan entrepreneur dalam
mengembangkan life skill santri Pondok Pesantren Nurul Huda Sumenep dan
Pondok Pesantren As-Sulthaniyah Sampang? Dan Bagaimana hasil pendidikan
entrepreneur dalam mengembangkan life skill santri Pondok Pesantren Nurul
Huda Sumenep dan Pondok Pesantren As-Sulthaniyah Sampang?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus.
penelitian ini dilakukan dengan menggambarkan, meringkas, berbagai kondisi
situasi tentang santri untuk memperoleh pengetahuan tentang pendidikan
entrepreneur dalam mengembangkan life skill santri di Pondok Pesantren. Sumber
data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder.
Tekhnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisa dan pembahasan, maka peneliti menyimpulkan bahwa
Bentuk pendidikan entrepreneur dalam mengembangkan life skill santri Pondok
Pesantren Nurulhuda Sumenep, melalui tiga bentuk a)Formal melalui tata boga
dan tata busana b)Non formal melalui bidang percetakan, kesenian dan
keterampilan serta jurnalistik.c)Informal melalui economic study tour. Sedangkan
Pondok Pesantren as-Sulthaniyah juga melalui tiga bentuk a)Formal melalui
bidang kewirausahaan toko b)Non formal melalui subsidi peternakan c)Informal
melalui pelatihan lahan pertanian. Sementara Implementasi pendidikan
entrepreneur dalam mengembangkan life skill santri dengan menumbuhkan minat,
menambah ilmu, memberi penyadaran dan praktek, namun Pondok Pesantren
Nurulhuda Sumenep melalui sistem yang teratur. Sedangkan Pondok Pesantren
As-Sulthaniyah dengan sistem yang tidak teratur. Sementara hasil pendidikan
entrepreneur dalam mengembangkan life skill santri Pondok Pesantren Nurulhuda
Sumenep adalah, a)Kognitif dalam menerapkan peluang usaha. b)Afektif
menghasilkan sikap confident dan jujur. c)Psikomotorik menghasilkan sikap
kemandirian, berani mengambil resiko, kepemimpinan dan disiplin. Sedangkan
Pondok Pesantren As-Sulthaniyah adalah, a)Kognitif dalam kecerdasan
pengetahuan. b) Afektif menghasilkan sikap dipercaya dan jujur c) Psikomotorik
menghasilkan sikap Komunikatif.
Tidak tersedia versi lain