Text
Strategi Guru PAI Dalam Implementasi Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Muatan Kararker Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB PGRI Tlanakan Pamekasan
Kata Kunci: Guru PAI, ANBK, Anak Berkebutuhan Khusus
Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran diyakini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran
dan peserta didik lebih mudah untuk menerima materi pembelajaran. Selain untuk menerima
materi pembelajaran, TIK juga dapat dimanfaatkan untuk mengukur penilaian (assesment)
pencapaian hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Sesuai dengan Peraturan Mentri
Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekhnologi No. 17 tahun 2021 bahwa setiap jenjang
pendidikan di wajibkan mengikuti Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). ANBK
adalah penilaian yang dilakukan di setiap jenjang sekolah, mulai dari SD, SMP, SMA/SMK dan
sederajat. ANBK dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas
belajar-mengajar yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. Tidak terkecuali
dengan Sekolah Luar Biasa (SLB).
Merujuk pada permasalahan diatas maka, Fokus Penelitian ini mencakup 1). Bagaimana
Strategi guru PAI dalam Implementasi ANBK bidang Karakter di SLB PGR Tlanakan?. 2).
Bagaimana Hasil dari Strategi guru PAI dalam Implementasi ANBK bidang Karakter bagi anak
berkebutuhan khusus di SLB PGRI Tlanakan?. 3). Apa saja faktor yang mendukung dan
menghambat Strategi guru PAI dalam Implementasi ANBK bidang Karakter bagi anak
berkebutuhan khusus di SLB PGRI Tlankan?.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kulitatif, jenis Penelitian
deskriptif yang bersifat mendeskripsikan suatu atau kejadian sosial yang akan diteliti secara luas,
menyeluruh dan mendalam dapat menghasilkan data diskriptif berupa kata-kata tertulis maupun
lisan dimana perolehan datanya secara alami langsung berasal dari sumber data di tempat lokasi
penelitian. Adapun tekenik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, dokumentasi dan
observasi.
Hasil 1) Strategi yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam implementasi
Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) muatan karakter di Sekolah Luar Biasa (SLB)
PGRI Tlanakan Pamekasan, diantaranya guru memberikan pelatihan bagi siswa dalam
menggunakan komputer dengan baik, juga memberikan simulasi soal ANBK serta membentuk
karakter siswa, sehingga hal tersebut dapat memudahkan siswa dalam menjawab soal-soal yang
terdapat dalam ANBK.
Kedua. Hasil Strategi guru PAI dalam implementasi Assesmen Nasional Berbasis Komputer
(ANBK) muatan karakter bagi anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa (SLB) PGRI
Tlanakan Pamekasan. Salah satu hasil upaya guru PAI dalam implementasi Assesmen Nasional
Berbasis Komputer (ANBK) muatan karakter bagi anak berkebutuhan khusus di SLB PGRI
Tlanakan Pamekasan. Hal tersebut dapat dilihat Siswa mampu menjawab soal yang terdapat di
ANBK, siswa dapat melaksanakan ibadah, siswa dapat memiliki kepercaya diri, siswa dapat
berinteraksi dengan baik, siswa dapat menunjukkan prilaku jujur, siswa mampu menghormati
terhadap sesama.
Tidak tersedia versi lain