Text
Implementasi Gerakan Literasi Madarasah di MTsN 2 dan MTsN 3 Pamekasan
Kata Kunci: Implementasi, Gerakan Literasi Madrasah, Kemampuan Membaca dan
Menulis
Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena yang terjadi di MTsN 2 dan MTsN 3
Pamekasan dikarenakan terdapat sebuah implementasi gerakan literasi madrasah dan salah
satu bentuk optimalisasinya ialah membuat pojok baca dibeberapa tempat madrasah dan
penambahan buku yang menarik di perpustakaan madrasah.
Ada tiga fokus penelitian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Tahapan implementasi
gerakan literasi madrasah di MTsN 2 dan MTsN 3 Pamekasan. Kedua, Optimalisasi
implementasi gerakan literasi madrasah di MTsN 2 dan MTsN 3 Pamekasan. Ketiga,
dampak implementasi gerakan literasi madrasah di MTsN 2 dan MTsN 3 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya deskriptif.
Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data
dengan melakukan reduksi data, menyajikan data, penarikan kesimpulan. Data yang
diperoleh di cek keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutsertaan,dan trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, tahapan pelaksanaan gerakan literasi
madarasah di MTsN 2 Pamekasan, ialah: a). tahap pembiasaan membaca Al-Qur’an dan
membaca buku. b). tahap pengembangan pembuatan mading. c). tahap pembelajaran setiap
siswa diharuskan berfikir kritis pada bahan bacaannya. Sedangkan di MTsN 3 Pamekasan,
ialah: a). tahap pembiasaan pembangunan fisik madrasah yang kaya akan literasi dan
pembiasaan morning reading Al-Qur’an serta membaca buku. b). pada tahap
pengembangan kunjungan ke perpustakaan madrasah dan pengadaan buku cerita dari hasil
shodaqoh siswa. c). tahap pembelajaran kegiatan membaca serta merangkum pada saat
proses pembelajaran di dalam kelas dan pembelajaran outdoor study. Kedua, optimalisasi
implementasi gerakan literasi madrasah di MTsN 2 Pamekasan, ialah: a). lingkungan fisik
membangun perpustakaan madrasah dan kelas. b). lingkungan sosial dan afektif
memberikan reward ke siswa serta kepala madrasah berperan aktif dalam pengembangan
program literasi. c). lingkungan akademis penambahan koleksi buku perpustakaan dan
penggunaan startegi pembelajaran kelompok. Sedangkan di MTsN 3 Pamekasan, ialah: a).
lingkungan fisik menyediakan perpustakaan madrasah, pembuatan mading, area membaca
dan pengadaan perpustakaan kelas. b). lingkungan sosial dan afektif merayakan hari besar
nasional dan kepala madrasah berperan aktif dalam pengembangan program literasi. c).
lingkungan akademis tersedianya waktu berliterasi bagi siswa dan penambahan koleksi
buku perpustakaan madrasah. Ketiga, dampak implementasi gerakan literasi madrasah di
MTsN 2 Pamekasan, ialah guru dan siswa yang sangat antusias dalam pelaksanaan program
gerakan literasi, seperti: siswa sangat antusias dalam mengungjungi perpustakaan
madrasah. Sedangkan di MTsN 3 Pamekasan ialah peningkatan sarana dan prasarana dan
meningkatnya minat membaca siswa
Tidak tersedia versi lain