Text
Etika Belajar Perspektif Syaikh Badrudin Muhammad Bin Ibrahim Al-Kinani Dalam Kitab Tadzkirah Al-Sami’wal Mutakallim Fi Adab Al-Alim Wa Al-Muta’allim
Kata Kunci: Etika Belajar, Syaikh Badruddin.
Etika merupakan pedoman atau ukuran bagi tatanan tingkah laku yang
berlandaskan pada sistem tata nilai yang berlaku di masyarakat tertentu.
Tatanan nilai itulah yang memberikan petunjuk atau arahan pada manusia
cara berprilaku baik dan menjauhkan diri dari perbuatan yang buruk. Namun
saat ini etika sudah mengalami pemerosotan yang sangat signifikan khususnya
dalam dunia pendidikan, pelajar sudah mulai tidak meggunakan etika lagi, dan
bahkan tidak pernah menerapkannya dalam kehidupan. Untuk itu penulis
tertarik mengkaji kitab tadzkirah al-sami’ wal mutakallim fi adab al-alim wa
al-muta’allim karangan Syaikh Badruddin Muhammad Bin Ibrahim Al-kinani
sebagai bentuk jawaban dari permasalahan di atas.
Penelitian ini bermaksud untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana
konsep etika belajar perspektif Syaikh Badruddin Muhammad Bin Ibrahim
Al-Kinani dalam kitab Tadzkirah Al-Sami’ Wal Mutakallim Fi Adab Al-Alim
Wa Al-Muta’allim 2) Bagaimanakah relevansi etika belajar perspektif Syaikh
Badruddin Muhammad Bin Ibrahim Al-Kinani dengan Kurikulum 2013 Pada
Mata Pelajaran PAI.
Permasalahan tersebut dibahas menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian library research sebagai prosedur penelitian yang
menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis. Dengan demikian,
laporan penelitian ini akan berisi kutipan-kutipan data untuk memberikan
gambaran laporan tersebut.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep etika yang digagas
oleh Syaikh Badruudin di dalam kitab ini adalah konsep etika belajar
terhadap dirinya, gurunya, pelajaran halaqah serta temannya 2) Relevansi
terhadap Kurikulum 2013 mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI)
melalui materi pelajaran, pendekatan pembelajaran serta lingkungan
pendidikan
Tidak tersedia versi lain