Text
Penerapan Metode Tilawati dalam Pembelajaran AlQur’an pada Anak Usia Dini di TK Trisakti Buddagan Pademawu Pamekasan
Kata Kunci: Metode tilawati, Pembelajaran Al-Qur’an, Anak usia dini
Metode tilawati merupakan cara untuk mengatur membaca Al-Qur’an
supaya baik dan indah. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas mutu
pendidikan dalam membaca Al-Qur’an, dan menciptakan metode pembelajaran
yang efektif serta kondusif. Dan mengingat begitu pentingnya peran Al-Qur’an
dalam kehidupan ummat islam, maka menjadi kewajiban bagi setiap orang islam
memiliki dan mempelajari Al-Qur’an minimal memiliki kemampuan dasar untuk
membaca Al-Qur’an baik dari kalangan anak-anak, pemuda maupun orang tua.
Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimanakah
penerapan metode tilawati dalam pembelajaran Al-Qur’an pada anak usia dini di
TK Trisakti Buddagan Pademawu Pamekasan; 2. Apasajakah faktor pendukung dan
faktor penghambat dari penerapan metode tilawati dalam pembelajaran Al-Qur’an
pada anak usia dini di TK Trisakti Buddagan Pademawu Pamekasan; 3. Apa sajakah
kelebihan dan kekurangan dari metode tilawati dalam pembelajaran Al-Qur’an pada
anak usia dini di TK Trisakti Buddagan Pademawu Pamekasan. Penelitian ini
menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif,
tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru.
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: 1. Metode tilawati yang di
terapkan di paud TK trisakti merupakan metode pembelajaran untuk mengenal
huruf hijaiyah bagi anak usia di dini, dengan menggunakan prinsip pembelajaran
yang sesuai dengan tumbuh kembang anak, ntah itu dengan menggunakan nyayian
dan nada-nada khas. 2. Faktor pendukunnya adalah bisa tenaga pendidik dan peserta
didik, adanya guru pengganti, media, sarana dan prasarana. Faktor penghambatnya
adalah kurang mampunya beberapa guru dalam mengelola kelas di lingkungan
sekolah, adanya sebagian peserta didik yang mempunyai Aiqu yang kurang. 3.
Keuntungan untuk guru sebelum mengajar metode tilawati itu para pendidik di
taskhih terlebih dahulu, dalam metode terdapat perinsip pendidik dan anak didik
Tidak tersedia versi lain