Text
Stategi Pemasaran Jemput Bola Dalam Upaya Peningkatan Jumlah Nasabah Tabungan Mudharabah (TABAH) di BMT NU cabang Tambelangan Sampang
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Jemput Bola, Tabungan Mudharabah
Pemasaran merupakan kegiatan penting yang dilakukan oleh setisp perusahaan untuk
meningkatkan dan memperluas pangsa pasarnya. Oleh karena itu, untuk mempertahankan dan
meningkatakan jumlah nasabah BMT NU Cabang Tambelangan menerapkan strategi
pemasaran jemput bola pada produk Tabungan Mudharabah. Tabungan Mudharabah
merupakan produk yang jumlah anggota/nasabah paling banyak diantara produk tabungan yang
lain. Oleh karena itu, pihak BMT NU Cabang Tambelangan menjadikan produk ini sebagai
objek dalam penerapan strategi jemput bola yang diharapkan dapat meningkatkan jumlah
nasabah pada produk tabungan tersebut.
Adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan dan hambatan apa saja yang
dihadapi oleh pihak bank terkait dengan diterapkannya strategi pemasaran jemput bola pada
Tabungan Mudharabah (TABAH); serta upaya mereka dalam memaksimalkan strategi
pemasaran jemput bola tersebut sebagai alat yang digunakan dalam proses peningkatan jumlah
nasabah Tabungan Mudharabah (TABAH) di BMT NU cabang Tambelangan Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif yaitu data yang
dikumpulkan berupa kata-kata bukan angka-angka. Sumber data yang digunakan dalam
penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data diperoleh melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui empat tahapan; pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data
melalui dua teknik; ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan BMT NU cabang
Tambelangan Sampang dalam upaya peningkatan jumlah nasabah yaitu menerapkan strategi
pemasaran jemput bola dengan cara melakukan pendekatan langsung kepada para anggota
maupun calon anggota dan melakukan penawaran secara intensive agar menggunakan produk
Tabungan Mudharabah serta melakukan strategi STP (Segmenting, Targeting dan Positioning)
sebelum menerapkan strategi pemasaran jemput bola. Strategi pemasaran jemput bola yang
diterapkan di BMT NU cabang Tambelangan Sampang pada produk Tabungan Mudharabah
dapat dikatakan efektif.
Tidak tersedia versi lain