Text
Penerapan Direct Markering dalam Penghimpunan Dana di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pratama Bandaran Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Direct Marketing, Penghimpunan Dana
Saat ini direct marketing atau pemasaran langsung mengalami
pertumbuhan yang pesat, dikarenakan kemajuan teknologi dan semakin maraknya
praktik individualized marketing (memperlakukan pelanggan seperti individu),
dan seterusnya. Sejauh ini direct marketing banyak berkembang dalam industry
non-store retailing, makanan dan minuman, asuransi, real estate, jasa kesehatan
dan jasa reparasi
Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan direct marketing
pada BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pratama Bandaran dalam menghimpun dana,
apa saja faktor-faktor pendorong dan penghambat dalam penerapan direct
marketing pada BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pratama Bandaran. Sedangkan
tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan direct marketing
yang dilakukan oleh BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pratama Bandaran, untuk
menganalisis faktor-faktor pendorong dan penghambat BPRS Bhakti Sumekar
Cabang Pratama Bandaran dalam menerapkan direct marketing.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Prosedur pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi
dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu, cheking, organizing dan
coding. Pengukuran data peneliti menggunakan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan yang pertama bahwa penerapan direct
marketing yang sering dilakukan oleh BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pratama
Bandaran adalah word of mouth dan tatap muka secara langsung dengan nasabah,
karena dengan berkomunikasi langsung dengan nasabah akan mempermudah
nasabah dan pihak marketing di dalam mempromosikan suatu produk. Yang
kedua bahwa kesulitan dalam menerapkan metode direct marketing adalah ada
sebagian calon nasabah yang merasa terganggu dengan kedatangan para pihak
pemasar dari BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pratama Bandaran Pamekasan.
Kesulitan berikutnya yaitu karena kurangnya kantor cabang madya yang ada di
Kabupaten Pamekasan. Pendorong dalam menerapkan direct marketing adalah
karena produk yang ada di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pratama Bandaran
lebih murah dibandingkan dengan produk-produk yang ada di lembaga keungan
lain
Tidak tersedia versi lain