Text
Penerapan Strategi Pembelajaran REACT dalam Meningkatkan hasil belajar Siswa IPS Kelas VII SMP Negeri 2 Larangan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Pembelajaran REACT, hasil belajar siswa, IPS
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan
strategi Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing ,Applying, Cooperating, and
Transfering ) dalam meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Larangan
Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan dan Untuk mengetahui hasil belajar setelah
penerapan strategi pembelajaran REACT dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada
pembelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 2 Larangan Kecamatan Larangan Kabupaten
Pamekasan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi
pembelajaran REACT dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas
VII SMP Negeri 2 Larangan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan dan penelitian
bertujuan pula untuk mengetahui hasil belajar setelah penerapan strategi pembelajaran
REACT dalam meningkatkan hasil belajar Siswa pada pembelajaran IPS kelas VII SMP
Negeri 2 Larangan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan.
Pendekatan yang digunakan pada proses penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis
penelitian yang digunakan adalah dengan metode penelitian regresi linear sederhana.
Variabel bebas pada penelitian ini adalah yang pertama strategi pembelajaran REACT.
Sedangkan variabel terikat adalah veriabel yang menjadi akibat dari variabel bebas. Pada
penelitian ini variabel terikatnya adalah nilai hasil belajar siswa. Populasi pada penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Larangan yang berjumlah 30 siswa.
Data primer pada penelitian ini diperoleh dari pengisian angket oleh peserta didik kelas VII
di SMP Negeri 2 Larangan dan wawancara kepada guru IPS kelas VII di SMP Negeri 2
Larangan. Sedangkan sekunder penelitian ini berupa hasil dari posttest.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel strategi pembelajaran REACT memiliki
pengaruh terhadap variabel nilai hasil belajar siswa sebesar 64%. Sedangkan sisanya
sebesar 36% dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berupa
minat, bakat, motivasi dan cara belajar. Faktor eksternal berupa lingkungan sekolah dan
lingkungan keluarga. Penerapan metode REACT dalam meningkatkan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran IPS di SMPN 2 Larangan berhasil karena rata-rata nilai hasil belajar
pada saat prasiklus sebesar 69,17, meningkat pada siklus I sebesar 74,17 dan meningkat
lagi dan memenuhi KKM pada siklus II menjadi 77
Tidak tersedia versi lain