Text
Penerapan Metode Pembelajaran Unit Kegiatan Belajar Madrasah (UKBM) dalam Pelajaran IPS Siswa Kelas VII di MTsN 3 Sumber Bungur Pakong Pamekasan
Kata Kunci: Ukbm, ips
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah isu bahwa Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
merupakan mata pelajaran yang membosankan, dan fakta bahwa materi yang disuguhkan
didalamnya terlalu banyak serta menuntut peserta didik untuk menghafal. Oleh karena itu
minat peserta didik terhadap mata pelajaran yang satu ini demikian rendah dan cenderung
mengalami kesulitan dalam mempelajarinya. untuk mengatasi masalah tersebut, guru
kemudian menerapkan metode pembelajaran Unit Kegiatan Belajar Madrasah (UKBM)
dengan tujuan agar kegiatan belajar mengajar lebih menarik, tidak membuat peserta didik
merasa bosan, serta mengatasi masalah siswa yang mengalami kesulitan belajar.
Fokus penelitian ini adalah: 1) bagaimana penerapan metode Unit Kegiatan
Belajar Madrasah (UKBM) dalam pelajaran IPS siswa kelas VII di MTsN 3 Sumber
Bungur Pakong Pamekasan? 2) Apa saja faktor pendukung penerapan metode pembelajaran
Unit Kegiatan Belajar Madrasah (UKBM) dalam pelajaran IPS Siswa Kelas VII di MTsN
3 Sumber Bungur Pakong Pamekasan?, dan 3) apa saja faktor kesulitan belajar
menggunakan metode pembelajaran Unit Kegiatan Belajar Madrasah (UKBM) dalam
pelajaran IPS siswa kelas VII di MTsN 3 Sumber Bungur Pakong Pamekasan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif,
yakni menggali suatu informasi dari peristiwa maupun fenomena yang ada dan disuguhkan
dengan kata-kata tertulissehingga menghasilkan data diskriptif yang nantinya mudah di cerna
dan dipahami. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi.
Dari penelitian yang telah dilakukan di MTsN 3 Sumber Bungur Pakong Pamekasan
memperoleh hasil yaitu: Pertama, Dengan menerapkan metode unit kegiatan belajar
madrasah (ukbm) siswa tidak lagi mengalami kesulitan dalam belajar IPS, karena Unit
Kegiatan Belajar Madrasah (UKBM) membuat pelajaran IPS menjadi lebih menarik dan
meringkas materi menjadi inti-inti penting. Kedua, kesulitan belajar siswa menjadi faktor
utama yang mendorong guru untuk menerapkan metode Unit Kegiatan Belajar Madrasah
(UKBM) saat pembelajaran IPS di kelas. Ketiga, siswa yang asik berbicara sendiri saat
pelajaran berlangsung menjadi masalah utama yang menghambat penerapan metode
pembelajaran Unit Kegiatan Belajar Madrasah (UKBM
Tidak tersedia versi lain