Text
Penerapan Multi Metodepada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di MTs SA Al-Khairat Tebul Timur Pegantenan Pamekasan
Kata Kunci : Multi metode, IPS. Card Sort, Ceramah
Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran, guru menggunakan metode pembelajaran
guna mempermudah tercapainya tujuan pembelajaran. Agar peserta didik dapat dengan
mudah memahami materi pelajaran dengan optimal, keberadaan metode pembelajaran dalam
pelaksanaan proses pembelajaran sangatlah penting, realitasnya pada saat ini kebanyakan
guru masih banyak yang menggunakan metode yang cendrung monoton, tidak efisien dan
juga tidak efektif sehingga dampaknya berpengaruh pada capaian belajar anak didik yang
minim. Oleh karena itu guru harus senantiasa melakukan inovasi metode pembelajaran guna
meningkatkan antusias belajar siswa salah satunya dengan menggunakan berbagai macam
metode pembelajaran/multi metode pada mata pelajaran IPS. Berdasarkan hal tersebut, maka
ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama,
penerapan multi metode pada mata pelajaran IPS Kelas VIII di MTs SA Al-Khairat Tebul
Timur Pegantenan Pamekasan; kedua, Apa saja kekurangan dan kelebihan penerapan multi
metode pada mata pelajaran IPS Kelas VIII MTs SA Al-Khairat Tebul Timur diPegantenan
Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun
sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Informannya
adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh peneliti, seperti
Kepala Sekolah serta Guru IPS di MTs SA Al-Khairat. Sedangkan untuk pengecekan
keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan, peningkatan ketekunan dan
triangulasi.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Penggunaan multi metode sangat penting
untuk diterapkan dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), karena penggunaan
multi metode menjadikan siswa semakin kreatif lagi serta membuat mereka aktif mengikuti
proses pembelajaran. Bentuk multi metode yang digunakan oleh guru IPS di MTs SA ALKhairat Tebul Timur Pegantenan Pamekasan diantaranya seperti halnya metode ceramah,
metode tanya jawab, metode card sort, adapun tujuan dari penggunaan multi metode, selain
agar materi pelajaran dapat selesai dengan tepat waktu, juga untuk meningkatkan kreatifitas
siswa dalam belajar. (2) Kekurangan penggunaan berbagai macam metode pembelajaran
(multimetode) pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs SA Al-Khairat Tebul Timur
Pegantenan Pamekasan diantaranya yakni kemungkinanan besar kelas bisa mengalami
kegaduhan jika kelas tidak dikontrol dengan baik, membutuhkan banyak persiapan
keberagaman kemampuan siswa. Adapun kelebihannya yakni dapat meningkatkan antusias
belajar siswa mempermudahsiswa dalam memahami pelajaran relevan dengan kurikulum saat
ini
Tidak tersedia versi lain