Text
Pengaruh Pelaksanaan Program MPLS Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa di MTsN 2 Pamekasan
Kata Kunci: Program MPLS, Motivasi Berprestasi Siswa, MTsN 2 Pamekasan.
Program MPLS merupakan kegiatan pertama masuk sekolah untuk
pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep
pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah. Motivasi berprestasi merupakan
keinginan untuk menyelesaikan sesuatu untuk mencapai kesuksesan, dengan
seperangkat dorongan, keinginan, dan daya, yang mendorong sesorang dalam berbuat
sesuatu untuk mengerakkan sikap dan prilaku menuju kebutuhan atau kekurangan
yang akan dicapai. Seseorang dengan motivasi berprestasi yang tinggi sering menilai
dirinya untuk mengukur kemajuan yang telah dicapainya dan menetapkan tujuan serta
bersedia mengambil resiko yang menantang namun realistis. karena Perbedaan pola
kebutuhan ini memunculkan perbedaan faktor-faktor yang dapat memotivasi
seseorang. Orang yang memiliki kebutuhan berprestasi yang tinggi akan terefleksi
dalam motivasi berprestasi yang tinggi pula.
Tujuan penelitian ini adalah:1).Untuk mengetahui apakah ada pengaruh
pelaksanaan program MPLS terhadap motivasi berprestasi siswa di MTsN 2
Pamekasan 2).Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelaksanaan program
MPLS terhadap motivasi berprestasi siswa di MTsN 2 Pamekasan. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif, metode kuantitatif yaitu metode penelitiannya
berupa angka-angka dan analisis datanya menggunakan statistik. sedangkan jenisnya
penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif atau hubungan
karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh antara dua
variabel atau lebih. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang
diperoleh dari hasil kuisioner, dengan jumlah populasi sebanyak 83 responden.
Hasil penelitian ini yaitu: 1). Maka ada pengaruh yang kuat dan positif antara
pelaksanaan program MPLS dengan motivasi berprestasi siswa di MTsN 2
Pamekasan. sesuai dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 7,696 > 1,989 maka Ho ditolak
dan Ha diterima. 2). Nilai koefisien determinasi sebesar 42,25% yang berpengaruh
terhadap motivasi berpretasi siswa. Artinya masih ada variabel lain sebesar 57,75%
yang memiliki pengaruh dengan motivasi berpretasi siswa
Tidak tersedia versi lain