Text
Implementasi Metode Team Quiz dalam Meningkatkan Prestasi Siswa dalam Pembelajaran PAI di SDN Kamondung 3 Kecamatan Omben Kabupaten Sampang
Kata Kunci: Prestasi Siswa, Team Quiz, Pendidikan Agama Islam.
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi siswa pada mata
pelajaran PAI yang ditandai dengan menurunnya nilai ulangan harian siswa di SDN
Kamondung 3 Sampang. Berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan guru
Mapel disana, diketahui bahwa pada proses pembelajaran PAI guru hanya
menerapkan metode konvensional dan tanya jawab saja menyebabkan
pembelajaran menjadi sedikit monoton dan membosankan sehingga sedikit banyak
berpengaruh terhadap prestasi siswa di kelas. Upaya yang dilakukan peneliti dalam
meningkatkan prestasi siswa tersebut adalah melalui penerapan metode Team Quiz
pada mata pada mata pelajaran PAI. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini
adalah apakah dengan menggunakan metode Team Quiz dapat meningkatkan
prestasi siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Kamundung
3 Kecamatan Omben kabupaten Sampang?. Dengan tujuan untuk mengetahui
apakah penggunaan metode Team Quiz dapat meningkatkan prestasi siswa dalam
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Kamondung 3 Kecamatan Omben
kabupaten Sampang?.
Pada penelitian ini peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas pola
Kolaboratif, dan menggunakan desain yang di kemukakan oleh Suharsimi Arikunto
yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen
pengumpulan data meliputi Lembar tes, Lembar observasi, dan Catatan lapangan.
Teknik pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi.
Adapun analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif
statistika deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Team Quiz pada
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Kamondung 3 Sampang,
khususnya pada materi Puasa kelas V berhasil dalam meningkatkan prestasi siswa.
Peningkatan prestasi siswa ini dibuktikan dengan adanya kenaikan nilai presentase
siswa lulus KKM 70. Presentase siswa lulus KKM pada tahap pra-siklus adalah
sebesar 30% dengan nilai rata-rata sebesar 61,75, kemudian meningkat sebanyak
40% setelah adanya tindakan siklus I yaitu sebesar 70% dengan nilai rata-rata
sebesar 75,25, lalu meningkat lagi setelah dilakukan perbaikan pada siklus II yaitu
menjadi 85% dengan nilai rata-rata sebesar 82,50. Selain itu dengan penerapan
metode Team Quiz pada proses pembelajaran ini juga dapat meningkatkan
semangat, dan antusiasme yang akan mendorong siswa untuk aktif bertanya dan
menjawab, sehingga terbentuklah pribadi siswa yang lebih percaya diri
Tidak tersedia versi lain