Text
Penerapan Finger Painting Untuk Melatih Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Al-Qur’an Muballighin Desa Prekbun Pademawu Pamekasan
Kata Kunci: Finger Painting, Motorik Halus, Anak Usia Dini
Anak usia dini adalah anak berusia 0-6 tahun, pada masa ini proses
pertumbuhan dan perkembangan anak dalam berbagai aspek akan mengalami
perkembangan yang cepat sehingga anak usia dini sering disebut masa keemasan
(golden age). Salah satu aspek perekembangannya yaitu fisik motorik, dengan
menerapkan kegiatan finger panting salah satu cara untuk dapat melatih motorik
halus pada anak usia dini.Tujuan penelitian ini yang pertama yaitu Untuk
mengetahui persiapan perencanaan pembelajaran finger painting pada anak usia
dini di TK Al-Qur’an Muballighin, keduaUntuk mengetahui pelaksanaan
penerapan finger panting terhadap motorik halus anak usia dini di TK Al-Qur’an
Muballighin, ketigaUntuk mengetahui evaluasi penerapan finger painting terhadap
motorik halus anak usia dini di TK Al-Qur’an Muballighin, keempatUntuk
mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan finger painting
terhadap motorik halus anak usia dini di TK Al-Qur’an Muballighin.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif,
teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Lokasi penelitian di lembaga TK Al-Qur’an Muballighin dengan
subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru kelompok A. Teknik keabsahan
data menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persiapan perencanaan kegiatan
finger painting yaitu dengan menyiapkan Prosem, RPPM, dan RPPH. Dengan
menggunakan alat dan bahan yang dibutuhkanyaitu lembar kegiatan anak, pasta
warna, wadah, tisu dan air.Dengan cara guru memberikan penjelasan tentang
kegiatan finger painting, menjelaskan alat dan bahan yang akan
digunakan,menjelaskan cara melakukan kegiatan finger painting, kemudian anak
diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan. Agar dapat mengetahui tingkat
pencapain anak di TK Al-Qur’an Muballighin, guru melakukan evaluasi dari hasil
karya anak. Dan motorik halus anak mulai berkembang, dan beberapa anak sudah
berkembang sesuai harapan. Adapun faktor pendukung dari kegiatan finger
panting di lembaga TK Al-Qur’an muballighin yaitu media yang menarik, peserta
didik yang antusias untuk melakukan kegiatan, dan adanya keinginan dan rasa
ingin tahu pada anak. Sedangkan faktor penghambatnya, anak mudah bosan dan
kurangnya minat belajar pada anak.
Tidak tersedia versi lain