Text
Implementasi Metode Bernynyai Dalam Keterampilan Membilang 1-10 Kelompok A di RA Qurratul UIyyun Trasak Pamekasan
Kata Kunci: Metode Bernyanyi, Keterampilan Membilang dan Anak Usia
Dini
Peneliti mengambil pembahasan tentang implementasi metode bernyanyi
dalam keterampilan membilang 1-10 yang menurut peneliti layak dibahas dan
dipermasalahkan. Implementasi metode bernynayi pada anak dalam keterampilan
membilang 1-10 sangat perlu dibahas karena terdapat anak yang hanya bisa
memyanyi tanpa tahu angka 1-10. Tetapi dalam implementasi metode bernyanyi
dalam keterampilan membilang pasti ada faktor penghambatnya.
Fokus penelitian ini ada tiga, yaitu: Pertama, Bagaimana Implementasi
metode bernyanyi dalam keterampilan membilang 1-10 kelompok A di RA
Qurratul Uyun Trasan Pamekasan. Kedua, apa saja kekurangan dan kelebihan
metode bernyanyi dalam keterampilan membilang 1-10 kelompok A di RA
Qurratul Uyun Trasak Pamekasan. Ketiga, apa saja yang menjadi faktor
pendukung dan penghambat dengan adanya metode bernyanyi dalam
keterampilan membilang 1-10 kelompok A di RA Qurratul Uyun Trasak
Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, dimana sumber yang
diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapaun yang menjadi
informan adalah kepala sekolah dan guru kelas, untuk pengecekan keabsahan data
melalui pengematan terus-menerus, memperpanjang masa observasi dan
triangulasi.
Dari hasil penelitian didapat bahwa: Pertama implementasi metode
bernyanyi dalam keterampilan membilang 1-10 kelompok A di RA Qurratul Uyun
Trasak Pamekasan. Hal ini anak diharap untuk bagaimana bisa mengenal bilangan
melalui metode bernyanyi. Kedua kekurangan dan kelebihan metode bernyanyi
dalam keterampilan membilang 1-10 kelebihannya terjadi pada anak yang lebih
cepat hafal urutan 1-10 dan bisa menjumlahkan serta kekurangannya karena anak
hanya sekilas hafal dan tidak tahu bentuk angkanya seperti apa jadi solusinya
langsung ditujukan pada gambar atau media yang ada disekitar. Ketiga apa saja
yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dengan adanya metode
bernyanyi dalam keterampilan membilang 1-10 kelompok A di RA Qurratul Uyun
Trasak Pamekasan. Faktor penghambatnya terjadi karena anak masih malu untuk
mengikuti gerakan dan anak yang masih sulit dalam menghafal. Faktor
pendukungnya disini bisa melalui sound, audio voice guru.
Tidak tersedia versi lain