Text
Manajemen Pembelajaran Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di TK An-Nada Nangkernang Sokobanah Sampang
Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran Anak Usia Dini, Meningkatkan Kualitas
Pembelajaran.
Pengelolaan lembaga PAUD harus melihat kepada kebutuhan anak, yaitu
pendidikan yang berdasarkan dengan minat, kebutuhan, dan kemampuan atau
potensi sang anak. Maka dari itu peran dalam pengelolaan Lembaga Pendidikan
tentu penting sekali, harus mampu memberikan fasiltas dengan segala aktivitas
anak dan dengan berbagai fasilitas dengan segala kebutuhannya.
Fokus dalam penelitian ini adalah, pertama Bagaimana pelaksanaan
manajemen pembelajaran anak usia dini dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran di TK An-Nada Nangkernang Sokobanah Sampang?. Kedua, Apa
saja faktor-faktor pendukung manajemen pembelajaran anak usia dini dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran di TK An-Nada Nangkernang Sokobanah
Sampang?, ketiga Bagaimana hasil pelaksanaan manajemen pembelajaran anak
usia dini dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di TK An-Nada Nangkernang
Sokobanah Sampang?.
Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis
penelitiannya kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian dalam penelitian ini yaitu TK
An-Nada Nangkernang Sokobanah Sampang. Sumber data dalam penelitian ini
adalah Kepala Sekolah TK, Guru TK dan Wali Murid atau Peserta Didik. Data yang
diambil dari data tersebut menggunakan wawancara, pengamatan dan dokumentasi.
Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain interview (wawancara),
observasi (pengamatan), dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis data non statistik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, pelaksanaan manajemen
pembelajaran anak usia dini dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di TK AnNada Nangkernang Sokobanah Sampang yaitu Perencanaan, dalam perencenaan ini
termuat seperti 1) Persiapan PPDB, 2) Penyusunan Jadwal Mata Pelajaran, 3)
Pembuatan RPP, dan 4) Absensi Peserta Didik dan Jurnal Guru Mengajar.
Pelaksanaan, meliputi, 1) Berdo’a Bersama dan Mengaji, 2) Jadwal per tama
Pelajaran, 3) Penyampaian Materi. Dan Penilaian, dalam penilaian ini berupa
keterampilan, kreativitas, keaktifan dan kedisiplinan dalam bentuk Anekdot, 4)
evaluasi pembelajaran. Kedua, faktor-faktor pendukung manajemen pembelajaran
anak usia dini dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di TK An-Nada
Nangkernang Sokobanah Sampang adalah 1) Laptop, 2) Proyektor, 3) Pengeras
Suara, dan 4) Alat Peraga. ketiga hasil pelaksanaan manajemen pembelajaran anak
usia dini dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di TK An-Nada Nangkernang
Sokobanah Sampang adalah 1) pelaksanaan pembelajaran terstruktur dan 2) Minat
belajar siswa meningkat
Tidak tersedia versi lain