Text
Implementasi Media Pembelajaran Buku Cerita Bergamba Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al-Qur’an Matsaratul Huda Panempan Pamekasan
Kata kunci: Media Pembelajaran, Buku Cerita Bergambar, Perkembangan Bahasa
Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi
dari sumber informasi kepada penerima informasi, sehingga dapat merangsang pikiran,
perasaan, perhatian, dan minat pelajar yang pada akhirnya dapat menjadikan pelajar dalam
melakukan proses pembelajaran. Peneliti ini dilatar belakangi oleh kaingin tahuan peneliti
tentang penerapan media pembelajaran dengan menggunakan buku cerita bergambar dalam
mengembangkan kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Al-Qur’an Matsaratul Huda
Panempan Pamekasan. Berdasarkan hal tersebut maka ada dua fokus penelitian yang menjadi
acuan kajian penelitian ini, yakni: pertama bagaimana cara penerapan media pembelajran
buku cerita bergambar dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK
Al-Qur’an Matsaratul Huda Panempan Pamekasan? Ketiga, faktor pendukung dan
penghambat dalam menggunakan media pembelajaran dengan menggunakan buku cerita
bergambar?
Dalam penelitian ini Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
deskriptif. sumber data yang diperoleh oleh peneliti berupa wawancara, observasi dan
dokumentasi, dengan informan kepala sekolah dan guru di TK Al-Qur’an Matsaratul Huda
Panempan Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data diperoleh dengan
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Pertama cara penerapan media
pembelajaran dengan menggunakan buku cerita bergambar dalam proses belajar mengajar
dikelas sudah baik. Cara yang dilakukan oleh para ustadzah pada saat mengajar dengan
menggunakan buku cerita bergambar ustdzah memfokuskan anak terlebih dahulu supaya
pada saat pembelajaran dengan menggunakan buku cerita dimulai anak konsentrasi sehingga
dengan itulah anak-anak bisa mengembangkan kemampuan dalam berbahasa antar sesama
baik tua maupun muda, selebihnya pada saat proses pembelajaran berlangsung para ustdzah
harus ekstra dalam mengajar anak-anak, lebih kreatif lagi dalam mendidiknya agar dapat
menghilangkan rasa kejenuhan yang dapat membuat anak tidak konsentrasi dalam belajar di
kelas Kedua, faktor pendukung dan penghambat dalam menggunakan buku cerita bergambar
pada saat proses belajar mengajar dikelas diantaranya: faktor pendukung yaitu, peran guru,
adanya perpustakaan sekolah, mood anak, serta reward. Sedangkan faktor penghambat dalam
menggunakan buku cerita bergambar pada saat proses pembelajaran ialah: Teknik bercerita,
dan perhatian anak
Tidak tersedia versi lain