Text
Implementasi Metode Montessori Dalam Menumbuhkan Kemandirian Anak Melalui Practical Life Di Tk Darul Ulum Bungbungan Bluto Sumenep
Kata kunci : Montessori, Practical Life, Kemandirian.
Mandiri sangat penting untuk ditanamkan pada diri seseorang agar mereka tidak bergantung pada orang lain dan saat ini adanya penurunan sikap mandiri dari usia anak sampai mahasiswa yang masih bergantung pada orang lain dan bahkan sampai menjadikan orang dewasa sebagai pembantu, Untuk itu penting sekali menumbuhkan kemandirian sejak usia dini agar mereka dapat dengan mudah dibentuk dan agar tidak mudah mengandalkan oran lain. Hal tersebut tentunya harus ada stimulus yang diberikan agar dapat mengoptimalkan perkembangan kemandirian anak. Sala satu kegiatan yang dapat menstimulus kemandirian anak yaitu practical life. Practical life sala satu aspek dari metode montessori dan kegiatan yang diberikan berupa kegiatan sehari-hari sebagai stimulus untuk melatih anak mandiri, seperti merawat diri, menjaga lingkungan, sopan santun dan kegiatan motorik halus.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua pembahasan yang menjadi fokus dalam penelitian ini, yaitu pertama implementasi metode montessori dalam menumbuhkan kemandirian anak melalui practical life di TK Darul Ulum Bungbungan Bluto Sumenep, kedua faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode montessori pada practical life dalam menumbuhkan kemandirian anak di TK Darul Ulum Bungbungan Bluto Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis diskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dan populasi kelompok A TK Darul Ulum Bungbungan Bluto Sumenep. Informanya adalah kepala sekolah TK Darul Ulum dan guru kelompok A. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya dilakukan melalui trigulasi sumber.
Hasil penelitian meunjukan bahwa anak TK Darul Ulum kelompok A merasa senang jika ada kegiatan practical life karena mereka menganggap itu adalah permainan bukan belajar. Untuk pelaksannya mereka melakukan kegiatan yang berupa aktifitas sehari hari yang dilakukan dengan guru memberikan kebebasan memilih kegiatan yang mereka inginkan yang telah di sediakan, lalu anak melakukan kegiatannya secara mandiri dan mengembalikan ketempat semula jika mereka sudah merasa cukup. Faktor pendukung pada pelaksanaan metode montessori pada kegiatan practical life ini yaitu adanya lingkungan yang sesuai, dukungan kerja sama dengan orang tua dan guru, alat yang sederhana dan mudah, serta komitmen orang tua dan guru dalam menumbuhkan kemandirian anak TK Darul Ulum kelompok A dan faktor penghambatnya yaitu kurangnya guru pendamping, alat aparratus yang disediakan tidak memadai, dan kurangnya waktu yang disediakan.
Tidak tersedia versi lain