Text
Peran Guru Dalam Mengatasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak (TK) Kelompok A Matsaratul Huda Panempan Pamekasan
Kata Kunci: Peran Guru, Perkembangan Sosial Emosional, dan Anak Usia
Dini
Masa usia dini merupakan periode emas (Golden Age) bagi perkembangan
anak untuk memperoleh proses pendidikan. Secara umum masa keemasan anak di
Indonesia ditetapkan mulai dari usia 0-6 tahun. Periode tersebut merupakan masamasa yang berharga bagi anak untuk mengenali berbagai macam fakta yang ada
dilingkungannya sebagai bentuk stimulus untuk perkembangan kepribadian,
kognitif, maupun sosial emosionalnya. Dalam proses pendidikan guru tidak hanya
menjalankan fungsi alih ilmu pengetahuan, tetapi juga berfungsi untuk
menanamkan nilai serta membangun karakter. Pendidik mempunyai tanggung
jawab sebagai model yang harus memiliki nilai-nilai moral dan selalu
memanfaatkan kesempatan untuk mempengaruhi dan mengajak peserta didiknya.
Dalam hal ini guru atau pendidik yang berada di lingkungan sekolah atau madrasah
hendaknya mampu menjadi suri tauladan terhadap semua peserta didiknya. Yang
menjadi fokus dalam penelitian ini yaitu bagaimana permasalahan-permasalahan
perkembangan sosial emosional anak A dan bagaimana peran guru dalam
mendampingi perkembangan sosial emosional anak di kelompok A TK Matsaratul
Huda. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalis
permasalahan-permasalahan perkembangan sosial emosional anak dan peran guru
dalam mendampingi perkembangan anak di kelas kelompok A.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Tehnik pengumpulan data memakai
tiga cara yaitu: obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dari data yang
diperoleh di sederhanakan dalam bentuk yang lebih mudah dibaca dengan
menggunakan tiga tahapan analisis yaitu pengelompokan, pengecekan, dan
penarikan kesimpulan. Adapun subjek penelitian dalam penelitian ini adalah kepala
sekolah dan juga guru kelompok A TK Matsaratul Huda Panempan Pamekasan.
Hasil penelitian ini diperoleh bahwa permasalahan-peramsalahan perkembangan
sosial emosional yang terjadi pada anak usia dini di kelas kelompok A bermacammacam. Permasalahan tersebut diantaranya adalah sikap penakut, rasa cemas,
sikap pemalu, rendah diri, anak yang tidak memiliki sikap simpati, dan ketidak
patuhan. Yang mana permasalahan tersebut sering ditemukan dalam
perkembangan sosial emosional anak. Sementara itu untuk mengatasi
permasalahan perkembangan sosial emosional yang terjadi pada anak, guru di
kelompok A melakukan beberapa peran dalam mendampingi perkembangan sosial
emosional anak. Peran-peran yang dilakukan adalah peran guru sebagai edukator,
peran guru sebagai manajer, peran guru sebagai supervisor, peran guru sebagai
motivator, peran guru sebagai innovator, peran guru sebagai komunikator, dan
peran guru sebagai fasilitator bagi anak
Tidak tersedia versi lain