Text
Penggunaan Media Lidi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada siswa kelas I Di MI DARUL FALAH Desa Bancelok Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang
Kata Kunci: Media Lidi. Pembelajaran Matematika
Penggunaan media pembelajaran sangat diperlukan untuk menyalurkan pesan,
merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik serta mengaktifkan
pembelajaran dalam memberi tanggapan dan umpan sehingga dapat meningkatkan
motivasi belajar pada diri peserta didik untuk melakukan praktik-praktik dengan
benar.
Salah satu rendahnya hasil belajar siswa MI Darul Falah Desa Bancelok
Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang dalam materi penjumlahan dan
pengurangan bilangan bulat disebabkan kurangnya perhatian siswa terhadap
materi yang disampaikan guru, dan belum memahami konsep penjumlahan dan
pengurangan. Hal ini terjadi, karena guru hanya menerapkan pembelajaran yang
berpusat kepada guru yaitu dengan menggunakan metode ceramah dan latihan
soal tanpa menggunakan media pendukung. Dan dari observasi itu peneliti
merumuskan masalah:
Bagaimana aktivitas siswa dalam menggunakan media lidi untuk meningkatkan
hasil belajar matematika siswa kelas I MI Darul Falah ?. Apakah penggunaan
media lidi dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas I MI Darul
Falah ? Bagaimana Aktivitas Siswa Dalam Penggunaan Media Lidi Yang Dapat
Meningkatkan Belajar Matematika Siswa Kelas I MI Darul Falah Desa Bancelok
Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang ?
Jenis penelitian ini adalah PTK dengan subjek penelitian siswa kelas I MI Darul
Falah. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan
adalah lembar observasi, wawancara, soal tes dan dokumentasi. Validasi
instrument dilakukan melalui expert judstment. Data dianalisis secara kuantitatif.
Indikator keberhasilan penelitian ini adalah jika minimal 75% siswa telah
mencapai KKM yaitu 65 dan nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan pada
setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus II dalam
pengimplementasian pembelajaran menggunakan alat bantu hitung media lidi
dapat membantu aktifitas belajar siswa kelas I MI Darul Falah dalam aktifitas
belajar menghitung bilangan bulat. Peningkatan dapat dilihat dari nilai rata-rata
pada hasil siklus I yaitu (64,4) yang masih masuk kedalam kategori kualifikasi
baik sedangkan nilai siswa yang mencapai KKM yakni hanya 8 siswa atau 44,4%.
Dan kategori nilai baik berjumlah 9 siswa dengan persentase 50%, sedangkan
kategori nilai cukup berjumlah 5 siswa dengan persentase 27,8%, dan kategori
nilai kurang berjumlah 4 siswa dengan persentase 22,2%. Nilai rata-rata pada hasil
siklus II yaitu (90) yang masuk kedalam kategori kualifikasi “sangat baik”,
sedangkan nilai siswa yang mencapai KKM yakni 16 siswa atau 88,9% dan
kategori nilai sangat baik berjumlah 11 siswa dengan persentase 61,1 %,
sedangkan kategori nilai baik berjumlah 5 siswa dengan persentase 27,8%, dan
kategori nilai cukup berjumlah 2 siswa dengan persentase 11,1%.
Tidak tersedia versi lain