Text
Model Bimbingan Guru Dalam Menanamkan Kemandirian Anak Usia Dini di TK Mambaul Hikmah Tampojung Pregi
Kata kunci : Bimbingan Guru, Kemandirian, Anak Usia Dini
Bimbingan guru dalam menanamkan kemandirian kepada anak usia dini
sangatlah penting, agar anak dapat berinteraksi dengan orang lain sesuai dengan
tahapan usianya dan juga anak dapat mengidntifikasi lingkungan mana yang lebih
baik untuk meraka. Maka dari itu, penanaman dan pembiasaan perlu diterapkan
disetiap lembaga. Agar anak mempunyai kesiapan atau kemampan dalam
mengatasi masalah tanpa adanya bantuan orang lain. Penanaman kemandirian
tidak cukup dibentuk di lingkungan sekolah melankan keluarga dan masyarakat
juga juga sangat berpengaruh terhadap kepribadian anak.
Berdasarkan hal tersebut terdapat beberapa masalah yang dihadapi oleh
guru di TK Mambaul Hikmah Tampojung Pregi Waru Pamekasan yang menjadi
pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama bagaimana model bimbingan guru
dalam menanamkan kemandirian anak usia dini, kedua apa saja kendala guru
dalam menanamkan kemandirian anak usia dini, ketiga bagaimana cara guru
dalam mengatasi kendala dalam menanamkan kemandirian anak usia dini.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dimana sumber ang
diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi
informen dalam menelitian ini yaitu kepala sekolah, dan guru kelas. Untuk
mengecek keabsahan data melalui pengamatan secara terus menerus,
memperpanjang masa observasi dan triangulasi.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: pertama dalam mendorong
kemandirian ank uia dini guru TK Mambaul Hikmah terlebih dahulu guru
memberikan contoh kongkrit atau keteladanan kepada anak terkait bagaimana
hidup mandiri dikehidupan sehari-hari. Sehingga anak dapat meniru apa yang
pendidik lakukan seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, membuang
sampah pada tempatnya, dan pembiasaan berbaris sebelum masuk kelas. Kedua
ada beberapa kendala yang dihadapi oleh guru di TK Mambaul Hikmah yaitu ada
beberapa anak yang kurang mandiri (tidak dapat menulis dan menggambar
sendiri, tidak terbiasa mencuci tangan sebelum dan sesudah makan). Sehingga
anak tersebut membutuhkan bantuan oleh guru
Tidak tersedia versi lain