Text
Peranan Orang Tua Dalam Mendampingi Stimulasi Anak Usia Dini Di Desa Polagan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Efektivitas, Anak Usia Dini
Peran orang tua adalah cara-cara yang digunakan oleh orang tua mengenai
tugas-tugas yang masih dijalankan dalam mengasuh anak, dan efektivitas adalah
menunjukkan sampai seberapa jauh tingkat pencapaian suatu tujuan atau target
dengan rencana yang telah disusun sebelumnya, baik dari segi kuantitas, kualitas,
maupun waktu, sedangkan anak usia dini adalah anak yang berusia 0-6 tahun.
Usia dini merupakan masa yang sangat penting bagi perkembangan potensi anak.
Berdasarkan hal tersebut ada dua fokus penelitian yang ingin di capai
dalam penelitian ini: pertama, bagaimana peranan orang tua dalam mendampingi
stimulasi anak usia dini di Desa Polagan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan,
kedua, bagaimana efektivitas peranan orang tua dalam mendampingi stimulasi
anak usia dini di Desa Polagan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara semi terstruktur, observasi
dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
ketekunan pengamat, dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, peranan orang tua
dalam mendampingi stimulasi anak usia dini di Desa Polagan Kecamatan Galis
Kabupaten Pamekasan ialah pada saat dirumah orang tua anak melakukan
pendampingan dan pengarahan dalam belajar dirumah, mengajak dan
mengarahkan serta mendampingi anak selain itu juga orang tua, memberikan
dorongan dan semangat terhadap anak untuk bisa belajar dirumah serta
memberikan fasilitas yang baik dalam melakukan kegiatan belajar sehingga anak
bisa nyaman dalam melakukan pembelajaran. Selain fasilitas yang sudah ada dan
disediakan orang tua juga mengawasi kegiatan belajar anak. Kedua, efektivitas
peranan orang tua dalam mendampingi stimulasi anak usia dini di Desa Polagan
Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan sangat efektif hal ini terbukti siswa di
RA Miftahul Qulub semakin aktif, semakin giat dalam mengikuti kegiatan belajar
disekolah dan dapat menarik minat dan membangkitkan motivasi para anak usia
dini terkait pembelajaran, serta program pembelajaran berhasil karena terjadi
perubahan perilaku yang positif dari sebagian besar anak usia dini di RA Miftahul
Qulub.
Dari hasil penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa pada saat
dirumah orang tua siswa melakukan pendampingan dan pengarahan dalam
stimulasi anak dirumah serta mengarahkan anak dalam kegiatan belajar dan
memberikan dorongan dan semangat terhadap anak
Tidak tersedia versi lain