Text
Peningkatan Keaktifan Siswa Menggunakan Strategi Belajar Team Quiz pada Siswa Kelas V Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) MI Al-Gufron Tahun Ajaran 2020/2021
Kata Kunci : Keaktifan Siswa, Strategi Belajar Team Quiz, , Mata Pelajaran IPS.
Proses belajar mengajar di kelas V MI Al Gufron pada mata pelajaran IPS dilakukan dengan metode
ceramah dimana hanya guru yang memberikan informasi sedangkan siswa hanya mendengarkan. Siswa
kurang perhatian dan tidak antuis dalam mengikuti pelajaran. Siswa tidak berani memberikan pendapat karena
yang aaktif hanya guru. Perubahan model pembelajaran sangat penting untuk mencapai maksimalnya hasil
pembelajaran. Model pembelajaran yang sesuai untuk permasalahan siswa kurang aktif adalah Pembelajaran
Kooperatif tipe Team Quiz.
Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana keaktifan siswa setelah menggunakan strategi belajar
team quiz pada siswa kelas V mata pelajaran IPS MI Al-Gufron Tahun Ajaran 2020/2021.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode
yang digunakan adalah strategi team quiz yang dikolaborasikan dengan small discussion.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa telah terjadi peningkatan keaktifan siswa setelah
menggunakan strategi belajar team quiz pada siswa kelas V mata pelajaran IPS. Hal ini dibuktikan dengan
adanya peningkatan nilai keaktifan siswa pada pra siklus sebesar 64,4%, siklus I sebesar 73,0% dan pada
siklus II sebesar 86,1%. Hal ini disebabkan karena siswa disatukan dalam kelompok kecil yang dapat
membantu mengatasi rasa malu untuk berpendapat. Siswa lebih mudah untuk memberikan pendapat dan
menjawab pertanyaan karena ruang lingkupnya lebih kecil. Dengan adanya kompetisi dalam bentuk quiz akan
lebih memacu siswa untuk dapat lebih unggul dibandingkan kelompok lainnya.
Tidak tersedia versi lain