Text
Optimalisasi Pelakasanaan Kurikulum 2013 Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran PAI di SMK Sumber Mas Ganding Sumenep
Kata kunci: Optimalisasi Kurikulum, Pelaksanaan Kurikulum 2013,
Pembelajaran PAI
Optimalisasi kurikulum merupakan proses pelaksanaan pembelajaran yang
didasarkan atas sikap kreatif dan inovatif para guru dan kepala sekolah sebagai
edukator untuk mengusahakan dan memanfaatkan kurikulum sebagai pegangan
dalam proses belajar mengajar sekolah. Pelaksanaan kurikulum di SMK Sumber
Mas Ganding Sumenep menerapkan beberapa kurikulum, yang pertama yaitu
kurikulum nasional yang disebut dengan Kurikulum 2013, dan yang kedua yaitu
muatan lokal dengan memasukkan kurikulum kepesantrenan didalamnya. Dalam
pelaksanaannya terdapat mata pelajaran pendidikan agama islam, yang
beriorentasi membentuk individu-individu memiliki karakter dan kepribadian
islami. Berdasarkan hal tersebut, ada dua pokok permasalahan yang akan menjadi
kajian dalam penelitian ini yaitu, pertama bagaiamana pelaksanaan kurikulum
2013 sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran PAI. Kedua, bagaimana
upaya kepala sekolah dalam mengoptimalkan pelaksanaan kurikulum 2013 dalam
pembelajaran PAI.
Peneliti mengguakan metode deskriptif kualitatif. Untuk analisis data,
menggunakan tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti berupa wawancara dengan
kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI serta siswa, observasi, dan
dokumentasi. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data melalui dua tekhnik
tringulasi yaitu tringulasi sumber dan tringulasi metode
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: pertama,
pelaksanaan kurikulm 2013 sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajran PAI
berupa perencanaan pembelajaran PAI yang sudah tersusun dalam RPP,
penggunaan beberapa metode yang berfariasi dalam pembelajaran PAI,
memaksimalkan media pembelajaran yang ada, melakukan evaluasi pembelajaran.
Kedua, upaya kepala sekolah dalam mengoptimalkan peningkatan kualitas
pembelajaran PAI yaitu meingkatkan kemampuan profesionalitas guru dengan
mengadakan workshop, seminar, pelatihan, maupun MGMP, menjadi supervisor
bagi guru dalam menyiapakan bahan ajar, mengadakan pembinaan disiplin tenaga
pendidikan, melakukan evaluasi guru atau KKG, memfasilitasi sarana dan
prasarana bagi guru sebagai mempermudah penyampaian pelajaran terhadap
peserta didik, dan menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler sebagai bentuk
penyaluran bakat dan minat siswa khususnya dalam bidang PAI
Tidak tersedia versi lain