Text
Periklanan dalam Memasarkan Produk Pembiayaan Lasisma di KPPS BMT NUANSA UMMAT Cabang Larangan Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Periklanan, Pemasaran, Lasisma, KSPPS BMT NUANSA UMMAT.
Salah satu media yang digunakan KSPP BMT NUANSA UMMAT
Cabang Larangan Kabupaten Pamekasan dalam memperkenalkan produknya
adalah iklan dengan menggunakan media cetak berupa brosur, pamflet dan
sebagainya, yang dalam pelaksanaannya dilakukan sesuai dengan target
pemasaran perusahaan tersebut. KSPPS BMT NUANSA UMMAT Cabang
Larangan Kabupaten Pamekasan hadir ditengah-tengah masyarakat yang
membutuhkan arternatif solusi untuk keperluan masyarakat dalam
pembiayaan lasisma yang disalurkan oleh KSPPS BMT NUANSA UMMAT
Cabang Larangan Kabupaten Pamekasan dengan menggunakan akad
Qardhul Hasandalam pengembangan usaha mikro.Berdasarkan hal tersebut,
maka ada dua fokus penelitian yang menjadi pokok penelitian ini, yaitu:1)
Bagaimana strategi periklanan dalam memasarkan produk pembiayaan
Lasisma di KSPPS BMT NU Cabang Larangan Kabupaten Pamekasan ?2)
Bagaimana perkembangan produk pembiayaan Lasisma setelah dipasarkan
melalui iklan di KSPPS BMT NUANSA UMMAT Cabang Larangan
Kabupaten Pamekasan ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui keikutsertaan,
ketekunan pengamatan, dantriangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan 1)Strategi periklanan yang dilakukan di BMT
NUANSA UMMAT Cabang Larangan dalam memasarkan pruduk lasisma
dilakukan dengan dua cara. Yakni: a) Strategi periklanan yang dilakukan di BMT
NUANSA UMMAT Cabang Larangan dengan memanfaatkan karyawan juru
tagih sebagai media untuk berkomunikasi dengan nasabah. b) Strategi periklanan
yang dilakukan di BMT NUANSA UMMATCabang Laranganmemanfaatkan
media tulis dan media sosial untuk mengembakan periklanan yang bersifat
imajinasi yang aktraktif, sehingga dapat menimbulkan kemauan nasabah untuk
bergabung. 2) Perkembangan produk Lazisma di BMT NUANSA UMMAT
Cabang Larangan setelah menggunakan media periklanan dengan kombinasi
media cetak dengan media elektronik cukup efektiv. Terbukti dengan peningkatan
jumlah nasabah hingga 10 kali lipat dalam kurun waktu 5 tahun setelah
diluncurkan
Tidak tersedia versi lain