Text
Implementasi Marketing Syariah Dalam Meningkatkan Produk Deposito Di BPRS Sarana Prima Mandiri Bandaran Pamekasan
Kata Kunci: Implementasi, Marketing Syariah, Produk Deposito, BPRS Sarana
Prima Mandiri.
BPRS Sarana Prima Mandiri Bandaran Pamekasan merupakan lembaga
keuangan mikro tidak berbasis riba. Peneliti tertarik untuk meneliti taktik
marketing produk Deposito karena produk ini merupakan produk unggulan BPRS
SPM Bandaran yang hanya dengan kurun waktu baru empat bulan launching
meraup dana deposito sebesar 12 milyar.
Terdapat dua fokus penelitian yang diambil peneliti, dimana mengenai: 1)
Bagaimana penerapan marketing syariah pada produk Deposito di BPRS Sarana
Prima Mandiri Bandaran Pamekasan? 2) Bagaimana peningkatan jumlah nasabah
produk Deposito di BPRS Sarana Prima Mandiri Bandaran Pamekasan?
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif jenis
deskriptif (field reseach) atau penelitian lapangan, dimana menggambarkan dan
menguraikan data menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara,
observasi serta dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Implementasi marketing syariah di
produk deposito berhadiah dilakukan BPRS Sarana Prima Mandiri Bandaran
Pamekasan dengan merujuk ke perspektif ekonomi Islam, yaitu: Shiddiq (Jujur
atau Benar), marketing bersikap jujur dan benar seperti memberikan informasi
kepada calon nasabah dalam mengenalkan produk dengan sejujur-jujurnya.
Amanah (Terpercaya), marketing terbukti dapat dipercaya serta kredibel dalam
bekerja. Fathanah (Cerdas), marketing cerdas dalam menyikapi dan mengurus
segala kegiatan di sistem marketing. Tabgligh (Komunikatif), marketing sangat
komunikatif dengan konsumen (nasabah) dalam menyampaikan prosedur dan
mengenalkan produk. 2) Ada tiga Metode marketing syariah untuk meningkatkan
jumlah nasabah yakni: Metode door to door, dengan mengunjungi rumah calon
nasabah dengan mengenalkan produk deposito berhadiah, metode ini masuk ke
dalam strategi marketing syariah promosi. Metode kolektif, dilakukan dengan
bekerja sama antar beberapa pihak seperti developer perumahan, PDAM serta
natasya clinic, metode ini masuk ke dalam strategi marketing syariah harga dan
tempat. Metode brosur, dilakukan dengan menyebarkan brosur produk deposito
berhadiah di lokasi strategis yaitu pasar Bandaran, metode ini masuk ke dalam
strategi marketing syariah produk
Tidak tersedia versi lain