Text
Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Minat Beli Masyarakat Terhadap Kripik Tette Khas Desa Toronan Pamekasan Dalam Perspektif Ekonomi Islam
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Peningkatan minat beli
Strategi pemasaran merupakan upaya nyata untuk memasarkan suatu jasa
atau barang dengan taktik dan rencana tertentu untuk melajutkan omset penjualan,
makna lain dari strategi pemasaran adalah suatu aktifitas yang dilakukan oleh
sesuatu pemahaman bahwa ketertarikan seseorang pada jasa atau barang tertentu
dimulai dari seberapa banyak informasi yang mereka terima
Berdasarkan hal tersebut ada tiga pokok tujuan yang ingin di capai dalam
dalam penelitian ini yang pertama, yaitu untuk mengetahui strategi pemasaran
kripik Tette khas Desa Toronan dalam upaya peningkatan minat beli masyarakat.
Kedua, untuk mengetahui strategi pemasaran kripik Tette khas Desa Toronan
dalam upaya peningkatan minat beli masyarakat dalam perspektif ekonomi Islam.
Ketiga, untuk mengetahui peluang dan tantangan penerapan strategi pemasaran
kripik Tette khas Desa Toronan dalam peningkatkan minat beli masyarakat.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara semi terstruktur, observasi
dan dokumentasi, Informannya adalah pengusaha kripik tette di desa Toronan.
Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamat,
dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, dalam strategi
pemasaran yang dilakukan oleh pengusaha kripik tette di desa Pengusaha kripik
tette di Desa Toronan dalam strategi pemasarannya telah menerapkan strategi
marketing mix yang menggunakan variabel 4P yaitu product, price, place,
promotion. Strategi marketing mix yang diterapkan juga sudah dilakukan dengan
benar dan sesuai dengan teori yang ada. Kedua, Strategi pemasaran yang
dilakukan oleh kripik tette Desa toronan sesuai dengan prinsip pemasaran syariah
yang mana menerapkan kejujuran dalam menjalankan usahanya, dan juga
bertanggung jawab atas pekerjaan, serta mengedepankan komonikasi yang baik.
Ketiga, dalam Strategi pemasaran yang dilakukan oleh pengusaha kripik tette di
desa Toronan mengalami peluang dan juga tantangan. Peluang yang didapatkan
dari strategi penjualan secara online dengan menggunakan media sosial sehinggga
bisa menjangkau pasar semakin luas. Tantangan dalam melakukan penjulan secara
langsung adalah kurangnya jangkauan pasar yang lebih luas, serta kurangnya
promosi yang mendukung
Tidak tersedia versi lain