Text
Pengaruh Kualitas Produk dan Personal Selling Terhadap Keputusan Anggota Memilih Simpanan Pendidikan KSPPS Darul Hikmah Mitra Sejahtera Larangan Badung Palengaan Pamekasan
Kata Kunci: Kualitas Produk, Personal Selling, Keputusan Anggota
Dunia perbankan mengalami perkembangan yang begitu pesat khususnya
lembaga keuangan syariah. Dengan semakin ketatnya tingkat persaingan antar
lembaga keuangan syariah, maka lembaga keuangan syariah non bankseperti
halnya KSPPS Darul Hikmah Mitra Sejahtera harus bisa menyiapkan strategi
pemasaran yang baik dan tepat sasaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh
KSPPS Darul Hikmah Mitra Sejahtera adalah dengan memperhatikan kualitas
produk dan personal selling. Dengan adanya kualitas produk dan personal selling
yang baik bisa menarik minat anggota untuk memilih suatu produk. Maka dari itu
tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan personal
selling terhadap keputusan anggota memilih produk simpanan Pendidikan di
KSPPS Darul Hikmah Mitra Sejahtera Larangan Badung Palengaan pamekasan.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu
menggunakan analisis statistik dan angka-angka. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh anggota pada produk simpanan pendidikan di KSPPS Darul Hikmah
Mitra Sejahtera sebanyak 196 anggota. Sedangkan untuk penentuan sampel,
peneliti menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel yang berjumlah 132
anggota. Teknik pengambilan sampel dalam pnelitian ini adalah non probability
sampling dengan metode Accidental sampling. Sedangkan teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Variabel kualitas
produk (X1) berpengaruh terhadap keputusan anggota memilih produk simpanan
pendidikan di KSPPS Darul Hikmah Mitra Sejahtera Larangan badung Palengaan
Pamekasan, dengan nilai thitung 4,756> ttabel 1,978 dan nilai sig 0,000 < 0,05. 2)
Variabel personal selling (X2) berpengaruh terhadap terhadap keputusan anggota
memilih produk simpanan pendidikan di KSPPS Darul Hikmah Mitra Sejahtera
Larangan badung Palengaan Pamekasan, dengan nilai thitung 2,346> ttabel 1,978 dan
nilai sig 0,020 < 0,05. Dan 3) Secara simultan kualitas produk dan personal selling
berpengaruh terhadap keputusan anggota memilih produk simpanan pendidikan di
KSPPS Darul Hikmah Mitra Sejahtera Larangan badung Palengaan Pamekasan,
dengan nilai Fhitung 22,875> ttabel3.07 dan nilai sig 0,000 < 0,05. Sedangkan nilai
koefisien determinasi dalam penelitian ini menunjukkan besarnya R Squareadalah
0,262 atau 26,2%. Hal ini berarti sebesar 26,2% kemampuan model regresi pada
penelitian ini dalam menerangkan variabel dependen. Artinya 26,2% keputusan
anggota dijelaskan oleh variasi variabel independen kualitas produk dan personal
selling
Tidak tersedia versi lain