Text
Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VII Mts Al-Huda Duko Timur Larangan Pamekasan
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Numbered Head Together, Hasil Belajar
Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau pola yang digunakan
sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas atau pembelajaran
tutorial. Numbered Head Together (NHT) adalah jenis pembelajaran kooperatif
yang dibuat untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan sebagai alternatif
terhadap struktur kelas dradisiona guru ips harus memiliki strategi agar peserta
didik dapat belajar secara efektif dan efisien, mengena pada tujuan yang
diharapkan. Salah satu alternatif model pembeljaran untuk meningkatkan hasil
belajar peserta didik dan juga membantu peserta didik dalam memahami materi
pada pembelajaran IPS yitu Numbered Head Together. Bedasarkan pengamatan
dari peneliti di Mts Al-Huda bahwa peserta didik kelas VII kurang
memeperhatikan guru dan lebih sering sibuk dengan dunianya sendiri disaat
mengikuti pembelajaran IPS, selain itu suasana pembelajaran yang kurang
menarik bagi peserta didik. Sehingga, peneliti melakukan penelitian tentang
pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head
Together dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran
Numbered Head Together pada mata pelajran IPS di Mts Al-Huda tahun ajaran
2021/2022 dan untuk mengetahui pengaruh antara hasil belajar peserta didik yang
menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together.
Terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran koopratif
tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas VII Mts
Al-Huda Larangan Pamekasan. Hal ini di buktikan dari nilai yang dihasilkan
siswa sesudah menerapkan model Numbered Head Together lebih tinggi
dibandingkan dengan model konvensional. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji
independent test yaitu 0,004 di interpretasikan dengan taraf signifikansi 0,05.
Maka 0,004 < 0,05 sehingga dapat diambil keputusan bahwa Ho ditolak dan Ha
diterima. Dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara
model pembelajaran Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa mata
pelajaran IPS di Mts Al-Huda Larangan Pamekasan.Besar pengaruh model
pembelajaran koopratif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil
belajar siswa kelas VII Mts Al-Huda Larangan Pamekasan yaitu pada kategori
sangat rendah. ”. Hal tersebut diketahui dari hasil t tabel yang di hitung
menggunakan bantuan aplikasi SPSS sebesar 0,004 bila di konsultasikan dengan
interpretasi nilai t, maka 0,004 berada di antara interval 0,00 sampai dengan
0,200. Maka hasil penelitian tersebut dinyatakan “ada pengaruh” yaitu dengan
interpretasi “sangat rendah”
Tidak tersedia versi lain