Text
, Upaya Guru IPS Dalam Menunjang Pemahaman Siswa Melalui Pendekatan Saintifik Di Kelas VII A SMPN 1 Galis
Kata Kunci: Upaya Guru, Pemahaman Siswa, Pendekatan Saintifik
Sudah semestinya bahwa guru melakukan upaya semaksimal mungkin agar
pembelajarannya dengan mudah dipahami oleh siswa. Oleh karena itu,
pembelajaran pada kurikulum 2013 hadir dengan menggunakan pendekatan
saintifik atau pendekatan berbasis proses keilmuan. Karena dalam proses
pendekatan saintifik diajarkan agar peserta didik mencari tahu dari berbagai sumber
melalui mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, dan
mengkomunikasikan hasil temuan dari siswa. Kemudian pendekatan saintifik ini
lebih mengarah pada model pendidikan humanis, Karena posisi siswa pada
pendekatan ini menjadi pusat belajar bukan sebagai objek pembelajaran. dengan
demikian karakter, skil, serta, kognisi siswa dapat berkembang secara lebih optimal.
Sehingga siswa dapat lebih mudah dalam memahami pembelajaran yang sedang
dipelajarinya.
Fokus penelitian pada yang diangkat pada penelitian ini yaitu terdapat beberapa hal.
Pertama, bagaimana upaya guru IPS dalam menunjang pemahaman siswa memalui
pendekatan saitifik di kelas VII A SMPN 1 Galis. Kedua, apa saja faktor
penghambat dari upaya guru dalam menunjang pemahaman siswa melalui
pendekatan saintfik di kelas VII A SMPN 1 Galis. Ketiga, bagaimana solusi dari
hambatan yang dihadapi guru dalam pemahaman pendekatan saintifik ini.
Kemudian penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif,
dimana penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi, pemahaman serta
gambaran mengenai isi dan kualitas isi yang terjadi pada sasaran atau objek. Pada
penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti menggunakan tiga
teknik yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa: upaya yang dilakukan oleh guru IPS
ketika pembelajaran yaitu dengan kreatifitas guru dalam memilih dan menggukanan
metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran yang sedang
dipelajarinya agar siswa dapat memahami pembelajaran dengan baik. Akan tetapi
dalam upaya guru dalam menjuang pemahaman siswa tersebut terdapat hambatan
yang dihadapi guru, yaitu sulitnya siswa dalam memahami materi pembelajaran
yang sedang dipelajari oleh siswa seperti kejenuhan belajar yang terjadi pada siswa.
Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menemukan solusi yang dilakukan oleh
guru dalam menghadapi hambatan tersebut yaitu dengan meningkatkan kreatifitas
guru dalam memilih metode dan media pembelajaran, sehingga materi
pembelajaran yang sedang dipelajari dapat siswa pahami dengan baik
Tidak tersedia versi lain