Text
Implementasi Kepemimpinan Demokratis Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa Di MTsN 3 Pamekasan,
Kata Kunci: Kepemimpinan Demokratis Kepala Madrasah, Prestasi Akademik
Siswa
Kepemimpinan sampai saat ini dianggap faktor terpenting dalam suatu
kelompok. Kepemimpinan merupakan sebuah seni dalam mempengaruhi orang
lain untuk bekerjasama dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Kepala madrasah
sebagai pemimpin di dalam lembaga pendidikan dalam menjalankan tugasnya
tentu membutuhkan jiwa kepemimpinan yang tinggi. Kepemimpinan demokratis
kepala madrasah merupakan suatu gaya atau seni mempengaruhi, mengajak, serta
memberikan kepercayaan terhadap bawahan dalam bekerja sama untuk mencapai
tujuan yang telah di tetapkan bersama antara pimpinan dan bawahannya. Dalam
meningkatkan prestasi siswa kepala madrasah bersama waka dan guru berdiskusi
dalam merancang program-program yang menunnjang terhadap prestasi akademik
siswa.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian, yaitu: pertama bagaimana implementasi kepemimpinan
demokratis kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi akademik siswa di
MTsN 3 Pamekasan, kedua apa saja faktor pendukung dan penghambat
implementasi kepemimpinan demokratis kepala madrasah dalam meningkatkan
prestasi akademik siswa di MTsN 3 Pamekasan, dan ketiga bagaimana implikasi
kepemimpinan demokratis kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi
akademik siswa di MTsN 3 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Informannya adalah kepala madrasah, waka kurikulum, waka kesiswaan, guru,
dan siswa MTsN 3 Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan
melalui perpanjangan keikutsertaan, triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama implementasi
kepemimpinan demokratis kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi
akademik siswa di MTsN 3 Pamekasan adalah dengan memberikan peran serta
keterbukaan dalam mendesain program peningkatan prestasi siswa. Kedua faktor
pendukung dan penghambat implementasi kepemimpinan demokratis kepala
madrasah dalam meningkatkan prestasi akademik siswa di MTsN 3 Pamekasan
adalah sumber daya manusia yang ada baik guru, siswa, maupun wali siswa,
penghambatnya adalah pendanaan, sarana dan prasarana madrasah dengan solusi
yang diterapkan yaitu melakukan kerjasama dengan pihak luar. Ketiga implikasi
kepemimpinan demokratis kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi
akademik siswa di MTsN 3 Pamekasan adalah prestasi siswa semakin bagus dan
meningkat
Tidak tersedia versi lain