Text
Implementasi Metode Debat Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Negeri 1 Larangan Pamekasan
Kata Kunci: Metode Debat, Meningkatkan Hasil Belajar
Penelitian ini berlokasi di SMP Negeri 1 Larangan, dimana metode debat
ini dapat dikatakan bahwa metode yang jarang digunakan oleh guru mapel, karena
metode tersebut sangatlah sulit dilakukan dan cara penyampainya memerlukan
waktu yang sangat lama, maka dari itu peneliti menggunakan metode tersebut
yaitu supaya siswa-siswi terbiasa menyalurkan berpendapat dan berfikir kritis
kletika menyampaikan argumennya.
Terdapat tiga fokus masalah yang menjadi kajian pada penelitian ini yaitu:
pertama, Implementasi metode debat dalam meningkatkan hasil belajar siswa
kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Larangan. Kedua, Faktor
pendukung dan penghambat implementasi metode debat dalam meningkatkan
hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Larangan.
Dan yang ketiga, Gambaran keberhasilan implementasi metode debat dalam
meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI di SMP
Negeri 1 Larangan.
Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif jenis
deskriptif. prosedur pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Analisis data berupa reduksi data, penyajian data, penarikan
simpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Serta tahap-tahap
penelitian meliputi tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap
analisis data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Implementasi metode
debat dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PAI
di SMP Negeri 1 Larangan, yaitu penerapan atau pelaksanaan yang dilakukan oleh
guru pengajar khusunya pada mata pelajaran PAI dimana dalam hal tersebut guru
memberi penjelasan metode debat agar peningkatan suatu hasil belajar pada siswa
itu semakin meningkat, jadi dalam menyikapi hal tersebut penerapannya haruslah
jelas agar siswa dapat menerima apa yang disampaikan oleh guru bisa diterima
dengan mudah. Kedua, Faktor pendukung dalam meningkatkan hasil belajar,
maka hasilnya tidak semua guru mendukung dan tidak ada respon yang positif
dari pihak sekolah karena terlalu sulit dilakukan pada jenjang SMP sehingga
dalam suatu pembelajaran tidak di terapkan, jadi faktor pendukung utama dalam
suatu pembelajaran yaitu sekolah dan guru. Cara peningkatan dalam hasil belajar
di SMP Negeri 1 Larangan dalam metode debat, yaitu dari hasil belajar siswa
tergolong dalam kriteria sangat rendah. Hal ini di sebabkan karena guru masih
mendomenasi pembelajaran hanya dengan metode ceramah dan penugasan tampa
ada siswa ikut terlibat dalam pembelajaran siswa hanya melihat dan
mendengarkan penjelasan dari guru, sehingga menimbulkan kebosanan pada
siswa serta menurunkan hasil belajar. Ketiga, Keberhasilan dalam meningkatkan
hasil belajar bisa di lihat dari keaktifan siswa dalam belajar, cara mengetahui
keaktifan siswa dalam kegiatan belajar tidak lain adalah mengenali dan membantu
siswa-siswa yang kurang terlibat dan usaha apa yang bisa dilakukan untuk
meningkatkan keaktifan siswa tersebut
Tidak tersedia versi lain