Text
Penggunaan Metode Card Sort Dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Untuk Mewujudkan Pembelajaran Yang Bermutu Di SMP Negeri 8 Pamekasan
Kata Kunci: Metode Card Sort, PAI dan Budi Pekerti, Pembelajaran
Bermutu
Pembelajaran merupakan suatu usaha yang dapat digunakan atau
direncanakan oleh seorang pendidik agar terjadi suatu proses pembelajaran dalam
suatu lingkungan tertentu sehingga terbentuk potensi pada diri peserta didik.
Dalam proses pembelajaran seorang guru mempunyai peran yang sangat penting
bagi siswa. Salah satu peran guru dalam kegiatan pembelajaran adalah
menyiapkan suatu strategi dan metode yang tepat sehingga dapat membentuk
potensi peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Strategi pembelajaran aktif yang dapat digunakan sebagai alternatif
pelaksanaan pembelajaran, termasuk pada pembelajaran PAI dan Budi Pekerti
salah satunya yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran card sort. Metode
pembelajaran ini lebih tertuju kepada keaktifan siswa, dimana siswa ikut aktif di
dalamnya, sedangkan guru hanya sebagai fasilitator yang membantu siswa dalam
proses pembelajaran.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua fokus pembahasan yang menjadi
kajian dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana penggunaan metode card
sort dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti untuk mewujudkan pembelajaran
yang bermutu di SMP Negeri 8 Pamekasan?, kedua apa saja faktor pendukung
dan penghambat penggunaan metode card sort dalam pembelajaran PAI dan Budi
Pekerti untuk mewujudkan pembelajaran yang bermutu di SMP Negeri 8
Pamekasan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Yang
menjadi informan adalah wakil kepala sekolah, guru PAI, dan siswa. Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, penggunaan metode card
sort dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 8 Pamekasan guru
menggunakan media kartu yang berisi materi pembelajaran dengan tujuan untuk
meningkatkan keaktifan siswa terhadap materi pembelajaran yang nantinya dapat
mewujudkan suatu pembelajaran yang berkualitas. Metode ini dapat
menghilangkan kejenuhan pada diri siswa saat belajar; kedua faktor pendukung
penggunaan metode card sort, meliputi guru professional, minat siswa, materi
pembelajaran, media kartu dilengkapi materi/informasi pembelajaran, dan
lingkungan yang mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya dikarenakan
kurangnya pemahaman siswa terhadap materi, kondisi kelas yang sulit diatur, dan
adanya siswa yang hanya mengikuti atau menyalin pekerjaan dari temannya yang
pandai
Tidak tersedia versi lain