Text
Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Melalui Buku Ajar Di SMP Islam Tanjung Kabupaten Sampang
Kata Kunci: Pemahaman Siswa, Buku Ajar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi di lingkungan sekolah SMP
Islam Tanjung, mayoritas siswa di sekolah SMP Islam Tanjung memiliki tingkat pemahaman
siswa yang berbeda-beda, oleh karena itu agar dapat mengetahui tingkat pemahaman siswa perlu
adanya buku ajar. Dengan demikian melalui buku ajar mampu meningkatkan pemahaman siswa,
dan juga pada penerapan metode yang sesuai dengan kedaan siswa agar dapat meningkatkan
pemahaman siswa melalui buku ajar. Dalam hal itu, siswa harus mempunyai buku masingmasing, dimana dengan adanya buku tersebut siswa dapat terbantu dan tidak hanya siswa saja
yang terbantu melainkan juga guru-guru yang mengajar di sekolah SMP tersebut.
Pada dasarnya penyediaan buku ajar memang seharusnya disediakan oleh pemerintah, agar
pelaksanaan pembelajaran disekolah dapat berjalan efektif, tugas guru hanya menyiapkan ajaran
yang akan diajarkan kepada muridnya dan juga penyesuaian metode yang akan diterapkan pada
saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Pada penerapan metode di dalam buku ajar guru di
SMP Islam Tanjung menggunakan metode ceramah dan Tanya jawab, dimana metode tersebut
dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa, dikarenakan kedua metode ini sangat
berkaitan dalam penerapan buku ajar, dalam penerapan metode ceramah guru memberikan
kesempatan kepada siswanya untuk membaca kemudian guru menjelaskan apa yang sudah
mereka baca, setelah guru menjelaskan kemudian guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
bertanya, begitupun sebaliknya guru bertanya kepada siswa, tujuan tersebut agar dapat
meningkatkan pemahaman siswa melalui buku ajar.
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui adanya buku ajar sehingga dapat
meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam melalui buku ajar
di SMP Islam Tanjung. 2) untuk mengetahui apa saja metode yang diterapkan dalam buku ajar
sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran agama Islam di SMP Islam
Tanju. 3) untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung pengadaan buku ajar pada proses
KBM dalam meningkatkan pemahaman siswa siswa pada mata pelajaran pendidikan agama
Islam
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah, penelitian lapangan dengan mengunakan
pendekatan kualitatif, adapun jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian dekskriptif
dengan mengunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Data primer yang diperoleh
oleh peneliti berdasarkan hasil wawancara dengan Kepala Sekolah, guru pendidikan Agama
Islam, siswa yang sekolah di SMP Islam Tanjung Kabupaten Sampang, observasi lapangan yang
dilakukan oleh peneliti pada kegiatan tersebut, dan dokumentasi, sedangkan data sekunder
diperoleh peneliti bisa berupa bahan refrensi seperti misalnya buku, jurnal, Al Qur’an, yang
berkaitan atau membahas tentang Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Melalui Buku Ajar Di SMP Islam Tanjung
Kabupaten Sampang.
.
Adapun hasilnya adalah buku ajar Pendidikan Agama Islam dibawa pada hari-hari tertentu
atau sesuai jadwal, yaitu pada hari Rabu dan Jum’at. Pada hari tersebut siswa harus membawa
buku pelajarannya agar dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran berlangsung. Untuk
penerapan metode dalam buku ajar ialah menggunakan metode umum yaitu metode ceramah dan
Tanya jawab. Faktor pendukung dan penghambat ialah tergantung pada diri sendiri dan
lingkungan karena keduanya sangat mempengaruhi dalam proses pembelajaran berlangsung.
Tidak tersedia versi lain