Text
2, Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab-Inggris Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Asing Santri Mathlabul Ulum Jambu Lenteng Sumenep.
Kata Kunci : Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab-Inggris, Keterampilan Berbahasa
Asing.
Latar belakang dari penelitian ini adalah belajar dan berkomunikasi menggunakan
bahasa arab dan inggris merupakan pelajaran yang penting dan wajib di sukai oleh para santri
Mathlabul Ulum Jambu Lenteng Sumenep, tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Mengetahui
perencanaan pembelajaran bahasa arab inggris. 2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran
bahasa arab dan inggris. 3) mengetahui faktor penghambat dan pendukung pembelaran bahasa
arab dan inggris di pondok pesantren Mathlabul Ulum.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data
diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah pengasuh
pondok pesantren Mathlabul Ulum, pembina pengurus penegak bahasa, pengurus penegak
bahasa, santri, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan
keikutsertaan, triangulasi.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Perencanaan pembelajaran bahasa
asing di pondok pesantren Mathlabul Ulum Jambu Lenteng Sumenep Perencanaan
pembelajaran bahasa arab dan inggris di pondok pesantren Mathlabul Ulum Jambu Lenteng
Sumenep sudah tersusun secara sistematis, meliputi: Mampu memilih atau menentukan
materi, mampu menentukan sumber belajar atau media yang tepat untuk memperlancar proses
pembelajaran, penegak bahasa membuat rencana kegiatan atau rencana pembelajaran dengan
persetujuan pembina bahasa. Kedua, pelaksanaan pembelajaran bahasa arab dan inggris di
pondok pesantren Mathlabul Ulum Jambu Lenteng Sumenep di laksanakan perkelas dengan
metode tidak langsung dan tidak langsung, dalam meningkatkan keterampilan bahasa arab dan
inggris guru dan penegak bahasa mempunyai tugas membimbing, mengajar, mentransfer ilmu
kepada peserta didik. Ketiga, faktor penghambat, santri baru maupun santri lama mondok
sering kali kesulitan dalam menyambung kata dengan baik, minimnya pengembangan rutin
dalam melatih kemampuan yang di miliki seperti membaca dan menulis, banyaknya santri
yang mengabaikan aturan pemberlakuan penegak bahasa, faktor pendukung: mewajibkan
seluruh dewan guru memberikan contoh berbahasa arab atau inggris dengan baik, mewajibkan
seluruh santri dan pengurus berkomunikasi dengan bahasa arab dan inggris sesuai jadwal
mingguan tang sudah di tentukan dan menghafal kosa kata sebelum tidur malam, penekanan
menggunakan bahasa di dalam maupun di luar kelas, mewajibkan seluruh guru yang tinggal
di pondok membantu dalam proses pembelajaran bahasa arab dan inggris dan memberikan
contoh berbahasa arab dan inggris dengan santri atau sesama guru, mendatangkan ahli bahasa
arab dan inggris untuk melatih kemampuan santri dam berbahasa arab dan inggris dengan
baik
Tidak tersedia versi lain