Text
Strategi Pulic Relations BPJS Kesehatan Pamekasan Dalam Mempertahankan Brand Image di Tengah Pandemi Covid-19
Kata Kunci: strategi Public Relations, BPJS Kesehatan Pamekasan, Brand
Image, Pandemi Covid-19.
Strategi adalah suatu seni menggunakan kecakapan dan sumber daya suatu
organisasi untuk mencapai suatu sasarannya melalui hubungannya yang efektif
dengan lingkungan dalam kondisi yang paling menguntungkan. Public Relations
merupakan hubungan timbal balik antara suatu organisasi dengan publiknya atau
khalayaknya, baik publik internal maupun eksternal. Jadi, strategi Public Relations
adalah peran penting untuk membantu perusahaan dalam menyesuaikan diri dengan
perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan usaha. Begitu juga dengan BPJS
Kesehatan cabang Pamekasan untuk mempertahankan Brand Image di masa
pandemi covid-19, melalui beberapa strategi.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif
deskriptif, yaitu mengkaji dan mendiskripsikan (Strategi Public Relations BPJS
Kesehatan Pamekasan Dalam Mempertahankan Brand Image Perusahaan di Masa
Pandemi Covid-19). Dengan proses pengumpulan data, observasi, wawancara, dan
menggambarkan serta menyajikan fakta yang ada di lapangan. Sedangkan jenis
penelitaian yang digunakan yaitu jenis penelitian lapangan. Penelitian lapangan
adalah yang dimaksud yaitu mempelajari secara intensif tentang latar belakang
keadaan sekarang, dan interaksi suatu sosial, individu, kelompok dan masyarakat.
Hasil dari penelitian ini adalah: Strategi pertama, menerapkan pembataasan
kerumunan. Strategi kedua: memberikan edukasi kepada peserta untuk mengurus
data-data ke kantor BPJS Kesehatan Pamekasan diwajibkan membawa masker dan
wajib membawa surat vaksinas. Strategi ketiga: mengedukasi atau memberitahu
peserta bahwa ada aplikasi online yang bisa digunakan ditengah pandemi tanpa
harus ke kantor. Strategi keempat. Beberapa aplikasi online yang digunakan di
tengah pandemi covid-19, yaitu aplikasi Pandawa, Mobile JKN, Chika(Chat
Assistant JKN), dan Care Canter 165. Care center 165 ini bisa dihubungi selama 24
jam dan akan tetap dilayani. Untuk mempertahankan Brand Image Public Relations
BPJS Kesehatan Pamekasan di tengah pandemi ini menggunakan strategi-strategi.
Dari beberapa strategi yang digunakan terdapat beberapa strategi yang bisa dibilang
paling efektif, yaitu layanan Pandawa di setiap kabupaten yang ada dikota Madura
banyak pemintanya , artinya banyak masyatrakat yang terbantu dengan aplikasi
Pandawa ini. Juga aplikasi Mobile JKN yang istilahnya di ‘jual’ kepada peserta,
kerena Mobile JKN representasi dari pelayanan di loket BPJS Kesehatan. Mobile
JKN ini juga menjadi andalan BPJS Kesehatan Pamekasan, karena yang sudah
dijelaskan di Mobile JKN kita bisa melakukan perubahan data, bisa mengambil
nomor antrian bila berobat.
Tidak tersedia versi lain